BLOK XVI. URINARIA
Assalamulaikum Wr. Wb
Selamat datang Mahasiswa Baru Program Studi Kedokteran FKIK UMY Angkatan 2020! Selamat datang di Blok enam belas yaitu Blok 16 tahun ajaran 2020/2021. Pada blok enam belas ini akan di pelajari mengenai Urinaria. Seluruh pembelajaran kita dilakukan dengan proses Hybrid Learning atau Blended Learning antara online dan offline. Yaitu pembelajaran dengan tatap muka serta bersamaan dengan kuliah jarak jauh yang menghubungkan dosen dengan mahasiswa melalui jaringan internet. Proses kuliah ini membutuhkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi:
1. Materi kuliah yang dapat diakses dalam bentuk: PDF, powerpoint, word, video, atau html, atau sumber pengetahuan yang lain.
2. Presensi mahasiswa melalui penugasan, bisa berupa MCQ, pertanyaan Benar/Salah, jawaban pendek, esai, dll. Mahasiswa yang tidak memenuhi penugasan kuliah ini dianggap tidak hadir. Presensi ini ikut diperhitungkan dalam persentase kehadiran kuliah minimal 75% kehadiran sebagai syarat diperbolehkannya mengikuti ujian MCQ Blok.
3. Penilaian/koreksi penugasan sebagai bukti kehadiran dosen selain aktif dalam forum diskusi.
4. Mahasiswa wajib membuat pernyataan tentang Pakta Integritas.
Berperan aktiflah dalam proses belajar mengajar, karena untuk jadi dokter yang baik dan sukses selain knowlegde juga sangat diperlukan attitude yang baik salah satunya JUJUR. Sampaikan keluhan, masukan dan kritik yang membangun pada PJ Blok maupun Wakil PJ Blok (kontak ada di pengantar Blok) untuk kebaikan pelaksanaan Blok 16 ini. Enjoy Blok 16!
PJ Blok 16
dr. Nicko Rachmanio, SpB.
Wakil PJ Blok 16
dr. Akhamd Edi Purwoko, M.Kes
Deskripsi
Blok Urinaria merupakan blok ke-16 kurikulum blok PBL Prodi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY. Kegiatan di dalam Blok Urinaria terdiri dari kegiatan tutorial, skills lab, kuliah dan praktikum. Tujuan Blok ini adalah mahasiswa mampu menjelaskan, melakukan pemeriksaan, mendiagnosis, dan memberikan rencana terapi pada kasus-kasus gangguan traktus urinarius. Pada akhir blok urinaria mahasiswa dapat:
1. Menjelaskan kondisi patologis organ atau bagian tubuh sehubungan gejala dan tanda juga, etiologi, pathogenesis, patologi klinik dan epidemiologi penyakit pada traktus urinarius.
2. Menjelaskan bagaimana menetapkan diagnosis penyakit penyakit traktus urinarius
yang sering dijumpai di masyarakat sebagaina disebutkan dalam Standar Kompetensi Dokter Indonesia.
3. Menjelaskan pengelolaan penyakit traktus urinarius sebagaimana disebutkan
dalam Standar Kompetensi Dokter Indonesia.
4. Praktek mengakses informasi yang up todate dan mengkritisi validitas dan
kegunaannya untuk memecahkan masalah kesehatan.
Capaian Pembelajaran Lulusan
SOFTSKILL |
||
SIKAP
|
S1 |
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius |
S8 |
Menginternalisasi nilai, norma, etika akademik serta aspek medikolegal dalam praktik kedokteran |
|
S9 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
|
S11 |
Menginternalisasi kandungan Al-Qur'an dalam IPTEK Kedokteran |
|
S13 |
Memiliki kematangan emosional dan spiritual, memiliki percaya diri, mampu bersosialisasi dengan baik dan memiliki jiwa kepemimpinan. |
|
HARDSKILL |
||
KETRAMPILAN UMUM |
KU1 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
KU5 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
|
KU10 |
Kemampuan belajar sepanjang hayat dengan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berhubungan dengan kedokteran |
|
KU21 |
Mampu bekerjasama dengan teman sejawat atau proFKIKsi lain dalam melaksanakan praktek kedokteran sesuai dengan sistem pembelajaran interproFKIKsional education (IPE) yang telah diajarkan |
|
KETRAMPILAN KHUSUS |
KK15 |
Melakukan penelitian ilmiah yang berkaitan dengan masalah kesehatan pada individu, keluarga dan masyarakat serta mendiseminasikan hasilnya |
KK18 |
Kemampuan merancang & melaksanakan penelitian serta menginterpretasikan data secara profesional |
Referensi
Alatas, Nefrologi Anak, Jilid 1 dan 2, IDAI, FK UI, 2004
Basuki, Dasar-dasar Urologi, Edisi 3, Sagung Seto, 201
Brooks, GF., Jawetz E., Melnick, TL, Medical Microbiology, 26th Ed, 2013
Ganong WP., Review of Medical Physiology, 24th Ed, Lea & Fabiger,Philadelphia, 2015
Guyton, AC & Hall JE, Textbook of Medical Physiology,12 th Ed, WB. Saunders
Co, USA, 2014.
Harrison’s, Principles of Internal Medicine, 13th Ed., Edisi Bahasa Indonesia, Prof
Ahmad Asdie.
Mariano SR DiFiore, Atlas of Human Histology, 6st Ed, Lea & Fabiger, Philadelphia, 1992.
Nelson et al, Textbook of Pediatrics, Vol. 3, 2001
Orkin M, Dermatology, Prentice Hall, New Jersey, 1991.
Sabiston, Textbook of Surgery, 20th Ed, 2016
Suria Djuanda, Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin, FK UI, Edisi ke-6, 2011.
Sjamsuhidajat R, Buku Ajar Ilmu Bedah, Penerbit Buku Kedokteran EGC, Edisi ke-3, 2011
Widmann’s, Clinical Interpretation of Laboratory, 11th Ed, 2000
Prasyarat Penilaian
Blok Urinaria adalah blok ke 13 pada Kurikulum Fakultas Kedokteran Universitas
Muhammadiyah Yogyakarta yang memberikan landasan ilmiah secara terintegrasi
dengan ilmu klinik. Pengetahuan dasar dan ketrampilan ini akan diaplikasikan pada
pendidikan tingkat profesi.
Aktivitas belajar yang harus diikuti mahasiswa sebagai prasyarat untuk mengikuti
ujian akhir blok, Learning activities must be followed by the students as the requirements
to do final examination. Minimal kehadiran aktivirtas belajar mengajar:
1. Kuliah: 75 %
2. Tutorial: 75 %
3. Skill Lab: 100 %
4. Praktikum Biomedik: 100 %
Evaluasi
Penilaian diselenggarakan menggunakan penilaian formatif dan sumatif. Penilaian formatif dengan menilai aktivitas harian menggunakan cek list, laporan tertulis, quiz dll. Penilaian sumatif menggunakan ujian tertulis (MCQ) dan OSCE. Nilai akhir blok ditetapkan dengan:
50 % MCQ
30 % Tutorial
20 % OSCE and Praktikum Biomedik
Mahasiswa dinyatakan lulus Ketrampilan Belajar Blok Urinaria bila memenuhi kriteria The students pass Learning Skills block if fulfill all these criteria below:
Nilai minimal MCQ is 60
Nilai minimal OSCE is 60
Nilai minimal Total Nilai 60