AIK I (KEIMANAN DAN KEMANUSIAAN)
بسم الله الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
SELAMAT DATANG DI MATA KULIAH AIK I (KEIMANAN DAN KEMANUSIAAN)
Tim Dosen
Pengampu:
asep.setiawan@umy.ac.id (085281310696), juanda@umy.ac.id (087838577733), miftahulhaq@umy.ac.id (085729156942),
khaeruddin@umy.ac.id (081578920040),azam.sy@umy.ac.id (08175479301), mega.hidayati@umy.ac.id (08122787729),
zaini.muchlis@umy.ac,id (081339307629), miratunnisa@umy.ac.id (0821 2121
7287)
rohmansyah@umy.ac.id (085724353345), chusnul.azhar@umy.ac.id
(081328884006),
halimpurnomo@umy.ac.id (0819 0262
3209), ghoffar@umy.ac.id (0813 2800 8104)
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah AIK I ini membahas dan mengkaji tentang bagaimana
seorang Muslim benar-benar yakin dengan agama yang dianutnya. Ia beragama tidak
hanya sekedar ikut-ikutan atau sekedar beragama secara dogmatis, namun ia sadar
akan pilihannya tersebut. Selain itu, Maka kuliah ini juga mengkaji tentang pondasi keimanan seorang Muslim yang didasari tauhid yang kuat serta
membahas pula tentang segala sesuatu
yang dapat merusak dasar-dasar keimanan tersebut. Di samping itu, mata kuliah ini juga membahas tentang bagaimana merealisasikan Islam dalam
kehidupan, sehingga menjadi ajaran yang sempurna, universal dan implementatif. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa
diharapkan dapat menjelaskan, menghayati dan mengaktualisasikan dasar-dasar
ajaran Islam sebagai ajaran yang sempurna dan universal yang benar dan bersih
dari segala hal-hal yang dapat merusaknya berdasarkan al-Qur’an dan hadis serta
penalaran yang cerdas, logis dan kritis.
Hubungan Mata
Kuliah Dengan Kompetensi
Selain mengkaji dimensi aqidah (keimanan), mata kuliah ini juga
dipadukan dengan bahasan dimensi akhlak (kemanusiaan), yaitu dimensi prilaku manusia dari
aspek norma baik dan buruk untuk diorientasikan dalam kehidupan sehari-hari,
baik dalam kontek individual, sosial, maupun vertikal yang dilandasi oleh
proses spritualitas (tazkiah al-nafs).
Pembahasan akhlak terkait
dengan norma, etika dan estetika. Sedangkan tasawuf adalah ajaran untuk
mengenal dan mendekatkan diri kepada Allah Swt., sehingga memperoleh kesadaran
ketuhanan (God Consciousness). Oleh
karena itu, tasawuf erat sekali hubungannya dengan akhlak. Akhlak yang baik
timbul dari kebersihan hati, kesucian ruh, kestabilan pribadi, kemurniana sifat
dan watak, karena kekuatan hati telah dialiri oleh arus kekuatan ilahiyyah. Akhlak terpuji dapat
mengarahkan pada sesuatu yang sempurna atau mengarahkan pada pembentukan
kepribadian yang utuh.
Mata Kuliah AIK I ini merupakan mata
kuliah wajib bagi seluruh mahasiswa
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta di semua program studi yang ada. Mata kuliah
ini tentunya memberikan dasar yang kuat dan kokoh bagi mahasiswa di seluruh
bidang kompetensi yang mereka geluti. Dengan mata kuliah ini, mahasiswa akan dibekali
pemahaman yang jernih tentang aqidah/tauhid sesuai dengan ajaran al-Qur’an dan Hadis, mengetahui cara meningkatkan keimanan, dan
menjadikannnya sebagai dasar dalam berakhlaq dan berperilaku sehari-hari.
Learning Outcame
Learning
outcame dari Mata Kuliah ini, dari aspek sikap antara lain; mahasiswa memiliki kesadaran
untuk bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. Ia mampu
menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,
moral dan etika. Di sisi lain, mahasiswa berakhlakul karimah dalam bermuamalah
yang bermanfaat bagi diri, masyarakat, bangsa dan negara. Menghargai
keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau
temuan orisinial orang lain. Kemudian mahasiswa mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial
serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. Sementara
dari aspek penguasaan pengetahuan, mahasiswa mengetahui
dan memahami hakikat Tuhan, manusia dan kehidupan sesuai dengan tuntunan Al
Qur’an & Hadits yang shahih dan ilmu pengetahuan. Dari sisi ketrampilan umum,
mahasiswa mampu menerapkan nilai-nilai
Islam dalam seluruh aspek kehidupan. Adapun dari aspek ketrampilan khusus,
mahasiswa menerapkan nilai-nilai Islam dalam perilaku profesi mereka.
Ketercapaian Kompetensi Hardskill dan Softskill
Dengan memahami Mata Kuliah AIK I ini, mahasiswa akan
memiliki kesadaran akan posisi dan kedudukan sebagai makhluk sementara Allah
sebagai sang Khalik. Kesadaran ini akan menjadikannya pribadi yang shaleh (baik
individu maupun sosial), bersikap jujur, amanah, tanggungjawab dan berakhlakul
karimah dalam setiap prilakunya. Kompetensi softskill ini tentunya akan
menghiasi dan mewarnai kemampuan hardskill mahasiswa sehingga ia tidak hanya
cerdas dari sisi intelektual, namun ia mampu cerdas secara paripurna yakni
cerdas secara inteletual, emosional, sosial dan juga spiritual.
rohmansyah@umy.ac.id (085724353345), chusnul.azhar@umy.ac.id (081328884006),
Hubungan Mata Kuliah Dengan Kompetensi
Peta Kompetensi
Petunjuk Mempelajari Bahan Ajar
Dalam setiap pertemuan di Mata Kuliah AIK I ini, akan ditampilkan pendahuluan, penyajian materi serta penutup. Bagian pendahuluan memberikan gambaran umum tentang mata kuliah ini serta relevansi dengan pengetahuan mahasiswa dan capaian pembelajaran. sementara pada bagian penyajian, mahasiswa diberi kesempatan untuk mengakses Materi kuliah dalam bentuk ppt, pdf, video, url atau link website dan bentuk materi lainnya. Adapun pada bagian penutup, berisi forum diskusi dan juga evaluasi pembelajaran seperti quiz berbasis computer based test, tugas, uji kompetensi atau UTS dan UAS. Selanjutnya, hasil evaluasi akan langsung bisa dilihat setelah mahasiswa selesai mengerjakan tugas-tugas tersebut.
Glossary
Aqidah Islamiyah adalah iman kepada
Allah, para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para rasul-Nya, hari akhir, kepada
qadla dan qadar baik-buruk keduanya dari Allah.
Iman adalah pembenaran yang bersifat pasti (tashdiiqul
jazm), yang sesuai dengan kenyataan, yang muncul dari adanya dalil/bukti.
Bersifat pasti artinya seratus persen kebenaran/keyakinannya tanpa ada keraguan
sedikitpun.
Ilahiyat, yaitu pembahasan yang berkenaan dengan masalah
ketuhanan utamanya pembahasan tentang Allah.
Nubuwwat, yaitu pembahasan yang berkenaan dengan
utusan-utusan Allah, yaitu para nabi dan para rasul Allah.
Ruhaniyat, yaitu pembahasan yang berkenaan dengan makhluk
gaib, seperti Jin, Malaikat, dan Iblis.
Sam’iyyat, yaitu pembahasan
yang bekenaan dengan alam ghaib, seperti alam kubur, akhirat, surge, neraka,
dan lain-lain.
Taqlid berarti menerima
suatu kepercayaan dari orang lain tanpa diketahui alasan-alasanya.
Ilmul Yaqin adalah suatu
keyakinan yang diperoleh berdasarkan ilmu yang bersifat teoritis.
‘Ainul Yaqin adalah suatu
keyakinan yang diperoleh melalui pengamatan mata kepala secara langsung tanpa
perantara.
Haqqul Yaqin adalah suatu
keyakinan yang diperoleh melalui pengamatan dan penghayatan pengamalan
(empiris).
Referensi
- Yunahar Ilyas, Kuliah
Aqidah Islam, Yogyakarta, LPPI UMY, 2006.
- Yunahar Ilyas, Kuliah
Akhlaq, Yogyakarta, LPPI UMY,
2006.
- LPPI UMY. Pedoman OSDI 2015
- PP Muhammadiyah, Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah
- Mohammad Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, Jakarta,
Rajawali Press, 2013.
- Ahmad Azhar Basyir, Beragama secara
Dewasa (Akidah Islam), Yogyakarta, UII Press, 2002.
- Mahmud Syaltut, Al-Islâm; ’Aqîdah
wa Sarî’ah, Kairo, Darul Qalam, 1966.
- M. Fahmi Muqoddas (dkk.), Akidah Islam, Yogjakarta,
UII Press.
- Syaikh Abdurrahman bin Han Ali Syaikh, Fathul
Majîd Syarh Kitâbut Tauhîd, Riyadh, Maktabah Darussalam, 1994.
- Shalih bin Fauzan bin Abdullah
al-Fauzan, Kitâbut Tauhîd Juz I, II,
& III.
- Muhammad Abduh, Risaâlatu Tauhîd. 2006.
- Harun Nasution, Teologi Islam, UI Press, Jakarta, 1974.
- A Hanafi, Theologi Islam, Pustaka al-Husna, Jakarta, 1970.
- M. Amien Rais,Tauhid Sosial, Bandung,
Mizan, 1998.
- M. Hasbi Ash-Shiddieqy, Sejarah dan Pengantar IlmuTauhid/ Kalam, Jakarta,
Bulan Bintang, 1973.
- Abdul Mustaqim, Akhlak Tasawuf
Jalan Menuju Revolusi Spiritual
Komponen Penilaian
No. |
Aspek Penilaian |
Prosentase |
1. |
ECP I |
25 % |
2. |
ECP II |
25 % |
3. |
ECP III |
20 % |
4. |
Tugas |
20 % |
5 |
Kehadiran |
10 % |
Total |
100 % |
GRADE SCORE
GRADE
SKOR
PREDIKAT
DESKRIPSI
NILAI
KONVERSI
A
≥ 80
- 100
Istimewa
Mencapai capaian pembelajaran
dengan predikat istimewa
4
AB
≥ 75
< 80
Sangat
Baik
Mencapal capaian pembelajarari
dengan predikat sangat baik
3,5
B
≥ 65
< 75
Baik
Mencapai capaian pembelajaran
dengan predikat balk
3
BC
≥
60 < 65
Cukup
Baik
Mencapai capaian pembelajaran
dengan predikat cukup baik
2,5
C
≥
50 < 60
Cukup
Mencapai capaian pembelajaran
dengan predikat cukup
2
D
≥
35 < 50
Kurang
Mencapal capaian pembelajaran
dengan predikat kurang
1
E
<
35
Gagal
Gagal mencapai capaian
Pembelajaran
0
GRADE
SKOR
PREDIKAT
DESKRIPSI
NILAI KONVERSI
A
≥ 80 - 100
Istimewa
Mencapai capaian pembelajaran dengan predikat istimewa
4
AB
≥ 75 < 80
Sangat Baik
Mencapal capaian pembelajarari dengan predikat sangat baik
3,5
B
≥ 65 < 75
Baik
Mencapai capaian pembelajaran dengan predikat balk
3
BC
≥ 60 < 65
Cukup Baik
Mencapai capaian pembelajaran dengan predikat cukup baik
2,5
C
≥ 50 < 60
Cukup
Mencapai capaian pembelajaran dengan predikat cukup
2
D
≥ 35 < 50
Kurang
Mencapal capaian pembelajaran dengan predikat kurang
1
E
< 35
Gagal
Gagal mencapai capaian
Pembelajaran
0