Topic outline

  • MANAJEMEN FARMASI KOMUNITAS

    Hasil gambar untuk assalamualaikum

    SELAMAT DATANG

    BLOK MANAGEMEN FARMASI KOMUNITAS(FA.IV.20) 

    (5.81 SKS)

    PJ Blok: Dr. apt. MT Ghozali, M.Sc.

     (ghozali@umy.ac.id: 0815786078651) 

    Wakil PJ Blok : apt. Pinasti Utami, M.Sc.

     

    MT Ghozali

                                                                                                                     

    Sekilas mengenai blok 20 Farmasi Komunitas

    Blok Farmasi Komunitas merupakan blok ke-20 tahun kedua dari kurikulum blok PBL Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY. Blok ini berisi tentang aspek-aspek manajerial di farmasi komunitas. Topik topik yang dipelajari diantaranya adalah tahapan pendirian apotek, pengelolaan sumber daya apotek, pengelolaan pelayanan apotek, dan strategi pengembangan apotek.

    Pada topik swamedikasi, mahasiswa akan diasah untuk memiliki ketrampilan pendampingan swamedikasi melalui studi kasus. Materi atau topik dalam blok ini terkait dengan blok sebelumnya, yaitu blok farmasi dasar 4 dan farmakoterapi. Setelah menempuh blok ini mahasiswa diharapkan dapat melakukan pengelolaan apotek dengan baik ditinjau dari sisi bisnis maupun pelayanan.

    Secara umum, isi blok ini berhubungan dengan Managemen Obat Publik, Apotek, Swamedikasi, dan Promosi Kesehatan. Titik Fokus pada E-learning ini adalah pengelolaan Apotek berkaitan dengan pengelolaan sumber daya manusia, managemen keuangan apotek, managemen operasional, dan marketing.

    peta kompetensi

    Gambar 1. Peta Kompetensi

    Materi kuliah Manajemen Farmasi blok 20 antara lain dapat terlihat pada Peta kompetensi berikut :

    Area Learning Outcome Topik
    7 Hardskill
    • Menjelaskan langkah pendirian apotek.
    • Menyusun studi kelayakan.
    • Menganalisis peluang, tantangan, dan hambatan pendirian apotek.
    • Menganalisis parameter keuangan terkait dengan BEP, PBP investasi apotek.   
    Softskill
    • Mahasiswa mampu menghargai dan bekerjasama dalam diskusi.
    Pendirian apotek    
    7
    • Melakukan pembelian dan penyimpanan, dan penarikan sediaan farmasi dan alkes.
    Pengelolaan sediaan farmasi 2
    7
    • Menjelaskan dasar penetapan  HNA, HJA, harga obat dengan resep, harga obat tanpa resep.
    Penetapan harga
    7
    • Menganalisis Pengendalian sediaan farmasi.

    • Melakukan stok sediaan.

    • Menganalisis pengendalian barang macet.

    • Menganalisis pengendalian barang kadaluarsa, penyimpanan (High alert medication, Nomenclature).

    • Menganalisis Pengendalian narkotika & psikotropika.

    Pengendalian Apotek 1
    7
    • Menganalisis pengendalian harga.

    • Menganalisis pengendalian uang.

    • Menganalisis pengendalian pelayanan (alur pelayanan resep).

    Pengendalian Apotek 2
    7
    • Memahami konsep analisis keuangan (istilah2 dalam keuangan)

    • Melakukan penyusunan neraca laba rugi

    • Menganalisis break event point dan pay back period suatu apotek

    Manajemen Keuangan 1

    7 Menganalisis keuangan apotek  berdasarkan parameter parameter: ROE, ROI, ROA, net profit margin, TOR), Tes of Overall Performance (ROE, ROI), Tes Daya Laba (presentase laba kotor, presentase laba bersih), Tes Likuiditas (Current rasio (CR), Quick ratio (QR), Masa perkiraan utang (Account payable period), Tes Efisiensi (Masa Penagihan Perkiraan Utang, Perputaran persediaan (TOR)) Manajemen Keuangan 2

    9

    Hardskill

    mengaplikasikan teori teori strategi pengembangan apotek ke dalam kasus

    mengevaluasi strategi yang dilakukan


    Softskill

    Mahasiswa mampu menghargai dan bekerjasama dalam diskusi

    Strategi pengembangan apotek
    9
    • Melakukan pengelolaan SDM & Management Organisasi
    • Melakukan pengelolaan administrasi apotek (SIM)
    Pengelolaan SDM & administrasi

    Outcome Mata Kuliah

    Setelah mengikuti blok ini mahasiswa diharapkan dapat mengetahui hal-hal berikut ini :

    • Prinsip-prinsip Managemen Apotek dan mengelola apotek.
    • Managemen Keuangan.
    • Managemen SDM.
    • Perpajakan Apotek.
    • Pengelolaan Persediaan Apotek.

    Petunjuk Mempelajari Bahan Ajar

    • Mahasiswa dipersilahkan membuka materi kuliah, tutorial dan skill sesuai jadwal blok yang telah ditentukan.
    • Sebagian kuliah dan skill akan dilengkapi dengan penugasan tertentu yang dijelaskan oleh pengampu atau penanggung jawab skill pada saat tatap muka.
    • Adapun untuk kegiatan tutorial, mahasiswa diharapkan mengupload hasil notulensi tutorial (per kelompok) pada setiap skenario serta melaksanakan minikuis sesuai jadwal tutorial.
    • Ujian Blok dilaksanakan secara computer-based di akhir jadwal blok.

    Penilaian Blok

    Strategi Pembelajaran

    Kriteria Penilaian

    Bobot Nilai

    Kuliah

    MCQ

    40%

    Tutorial

    Kegiatan

    15%

    Minikuis

    15%

    Praktikum Keterampilan

    Farmasi

    OSCE

     

    20%

    Tugas

     

    10%

    Konversi Nilai Blok

    A

    AB

    B

    BC

    C

    D

    E

    ≥80

    75≤ AB<80

    65≤ AB<75

    60≤ BC<65

    50≤ C<60

    40-49

    <40

    Terima kasih kepada berbagai pihak yang terlibat dalam  penyusunan materi blok ini, yakni para konsulen, para kontributor, dan departemen terkait, sehingga blok ini bisa berjalan dengan baik. Dengan harapan, uraian ini dapat bermanfaat dan membantu mahasiswa dalam memahami ilmu-ilmu farmasi komunitas. Saran dan kritik yang membangun sangat kami harapkan untuk semakin memperbaiki blok 20 ini.

    Wa'alaikumsalaam Wr. Wb.

    Referensi

    • Aditama, T, 2006, Manajemen Administrasi Rumah Sakit, 3-4, 9, UI, Press, Jakarta. Anonim, 1988, Panduan Pelayanan Informasi Obat, PT Kimia Farma , Jakarta.
    • Anonim, 1990, Pedoman Pengelolaan Dan Pelayanan Farmasi Rumah Sakit Yang Baik, 10-11, 97-99, Instalasi Farmasi Rumah Sakit Dr. Soetomo, Surabaya.
    • Anonim, 1993, Undang-undang Republik Indonesia No.23 tahun 1992 tentang kesehatan. Dexa Medica, 6, 1-22-28.
    • Anonim, 2004, Standar Pelayanan Farmasi Di Rumah Sakit, Kepmenkes RI No.1197/MENKES/ SK/ X/ 2004.
    • Anonim, 2006, Pedoman Pelayanan Informasi Obat Di Rumah Sakit, Dirjen Pelayanan Kefarmasian Dan Alat Kesehatan Depkes RI 2006.
    • Anief , M., 2001, Manajemen Farmasi , Cetakan III, 3-4, 45-46, 117-118, Gadjah Mada University Press , Jogjakarta.
    • Anief , M., 2000, Manajemen Pemasaran di Bidang Farmasi, Cetakan I, 81-82, Gadjah Mada University Press, Jogjakarta.
    • Lewis, KR., Lasack, LN., Lambert, LB.,Connor, ES., Patient Counseling a Focus on Maintenance Therapy. ASHP Continuing Education System, 1997; 1097-2082.
    • Muhlis, M., 2006, Kuliah Pelayanan Informasi Obat, (Online), ( http: // www. ugm. .go.id, diakses tanggal 19 September 2007).
    • Notoatmodjo, S., 2002. Metodologi Penelitian Kesehatan. 10-15, Jakarta. Rineka Cipta.
    • Notoatmodjo, S., 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta.
    • Nawawi, H., 1991, Metode Penelitian Bidang Sosial, Cetakan I, 63-64, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta, 63-64.
    • Pohan, I, 2007, Jaminan Mutu layanan Kesehatan, 13-15, 143-150, EGC, Jakarta.
    • Santoso, B., 1997 .Modul 1: Kursus Pelayanan Informasi Obat dan Pengobatan Pusat Studi Farmakologi Klinik dan Kebijakan Obat, UGM, Jogjakarta.
    • Smet, B., 1994, Psikologi Kesehatan , 234, PT Grasindo Anggota IKAPI, Jakarta.
    • Soesilo, S., 1995, Perkembangan dan Pelaksanaan Kebijakan Obat Nasional di Indonesia, Disampaikan pada pertemuan ilmiah pelaksanaan KONAS Indonesia, University Center , Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.
    • Umar, M., 2005 , Manajemen Apotik Praktis , 65, 67-69,  CV Ar-Rahman; Solo.
    • Widayati,  S.,  dan  Zairina,  N.,  1996,  Peran  Farmasis  Dalam  Pelayanan  Informasi Obat Untuk Psasien Melalui Konseling, Prosiding Kongres Ilmiah XI ISFI 3-6 juli 1996 Jawa Tengah.
  • PENETAPAN HARGA

    Selamat datang di Kuliah daring penentuan harga barang. Materi ini bisa diakses hanya pada tanggal 27 Maret 2021 Jam 13.00 sampai Jam 14.00. Kurang dari itu, atau lebih dari itu, materi tidak bisa diakses. Manfaatkan waktu sebaik baiknya ..

  • Mohon disimak...

    • PENGENDALIAN APOTEK BAGIAN PERTAMA

      Pertemuan kali ini menceritakan kebocoran yang sering terjadi pada kasir apotek dan potensi ruginya besar sekali.

    • PENGENDALIAN APOTEK BAGIAN KEDUA

      Pertemuan kali ini menceritakan kebocoran yang sering terjadi pada kasir apotek dan potensi ruginya besar sekali.

    • PELAYANAN INFORMASI OBAT

      Assalamu'alaikum.wr wb.

      Kuliah ini diharapkan dapat menjadi forum diskusi terkait dengan Pelayanan Informasi Obat. Adapun aturan pada kuliah kali ini adalah sbb :

      • Akan diadakan pretest pada awal kuliah yakni pada pukul 07.00-07.20 (dengan waktu pengerjaan 10 menit) melalui Els.
      • Kelompok penyaji secara bergantian mempresentasikan topik yang sudah ditentukan (20 menit) dan waktu diskusi 10 menit.
      • Mahasiswa mengerjakan posttest seusai proses diskusi selesai dengan waktu pengerjaan 10 menit.
      • Materi presentasi dari setiap kelompok wajib diupload di ELS setelah kuliah selesai.

      Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

      Wassalamu'alaikum wr wb.

    • PRAKTIKUM KETRAMPILAN FARMASI

    • TUGAS STUDI KELAYAKAN APOTEK

      TUGAS STUDI KELAYAKAN APOTEK

    • Drug Management Cycle - MT Ghozali

      • PLENDIS - 28 NOVEMBER 2022