Topic outline

  • Blok 18 : Prosthetic Dentistry (6.94 SKS)

    Assalamualaikum Wr Wb

    Selamat Datang di Blok 18 Prosthetic Dentistry. Blok ini mempelajari salah satu cabang ilmu kedokteran gigi yaitu: Prosthodonsia. Semoga para mahasiswa dapat mengikuti semua kegiatan pada blok ini dengan lancar dan sehat. Aamin Ya Rabbal alamin

    .         

    PJ Blok : drg. Arief Waskitho, Sp.Pros., PhD (arief.waskitho.85@gmail.com)

    WPJ Blok: drg. Fahma Aldihyah Kunsputri, Sp. Pros (aldihyahfahma@gmail.com)

    PJ Content: Dr. drg. Fahmi Yunisa Sp. Pros .(fahmi_yunisa@umy.ac.id)

    Deskripsi Blok

    Blok prosthetic merupakan blok 18 Prodi Kedokteran Gigi UMY. Blok  ini terdiri dari 2 modul yaitu modul gigi tiruan lepasan  dan modul  gigi tiruan permanen. Blok ini berisi tentang  diagnosa, perawatan dan pemeliharaan serta evaluasi pada kasus prostodonsia ( ilmu yang berhubungan dengan pemakaian gigi tiruan ) yang meliputi gigi tiruan  sebagian, gigi tiruan lengkap dan gigi tiruan cekat.

    Dalam blok prosthetic terdapat tutorial dengan 1 skenario CBL dan 3 skenario PBL yang harus didiskusikan oleh mahasiswa dalam tutorial dalam waktu 7 minggu, di mana dalam pelaksanaan diskusi tutorial setiap kelompok akan dibimbing oleh satu orang tutor sebagai fasilitator. Diharapkan setelah selesai melaksanakan blok ini mahasiswa  akan dapat secara terintegrasi memahami pembuatan gigi tiruan. gigi tiruan lepasan  dan modul  gigi tiruan cekat. Blok ini berisi tentang  diagnosa, perawatan dan pemeliharaan serta evaluasi pada kasus prostodonsia ( ilmu yang berhubungan dengan pemakaian gigi tiruan ) yang meliputi gigi tiruan  sebagian, gigi tiruan lengkap dan gigi tiruan cekat.

    Terima kasih kami ucapkan kepada nara sumber blok  prosthetic, semua departemen yang terlibat, dan pihak-pihak lain yang membantu sehingga dapat tersusun  modul pembelajaran online ini dengan baik. Semoga blok ini dapat dilaksanakan sesuai tujuan yang diharapkan dan kritik serta saran untuk perbaikan  modul ini akan diterima tim penyusun dengan senang hati.

    Learning Outcome Mata Kuliah

    Peranan blok 18 mengenai prothetic dentistry dalam mendukung tercapainya kompetensi pendidikan dokter gigi dilakukan melalui keluaran/outcome  yaitu mampu melakukan tata laksana perawatan  pasien partial edentulous atau  edentulous.

     Ketercapaian Kompetensi Hard skills dan Soft skills Melalui Mata Kuliah

    Kompetensi hardskills yang diharapkan mata kuliah ini meliputi aspek kognitif dan kecakapan dalam berpikir serta aspek psikomotorik yang meliputi kemampuan melakukan analisa, dan anamnesa, menegakkan diagnosa, menyusun rencana perawatan dan mengatasi kesulitan yang ditemui dalam tata laksana pasien edentulous. Komponen softskills yang diharapkan dalam mata kuliah ini meliputi aspek kecakapan personal dan sosial, disiplin, ketelitian, keberanian mengungkapkan pemdapat dan kemampuan kerjasama antar individu maupun dengan labolatorium kedokteran gigi

    Peta Kompetensi

    Capaian Pembelajaran

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

    Capaian Sikap

    CPMK 1

    Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (CPL 1)

    CPMK 2

    Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (CPL 2)

    CPMK 3

    Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
(CPL 1)

    CPMK 4

    Mampu mengelola dan menghargai pasien dengan keanekaragaman sosial, ekonomi, budaya, agama, dan ras melalui kerjasama dengan pasien & berbagai pihak terkait untuk menunjang pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang bermutu (CPL 8)

    Capaian Pengetahuan

    CPMK 5

    menguasai teori aplikasi hukum kesehatan dan kode etik kedokteran gigi secara mendalam (CPL 2)

    CPMK 6

    menguasai teori dan teori aplikasi tata laksana kehilangan gigi geligi meliputi identifikasi, diagnosis, dan rencana perawatan kehilangan gigi geligi secara mendalam (CPL 3, 4, dan 7) 

    CPMK 7

    menguasai teori dan teori aplikasi perawatan gigi tiruan sebagian lepasan, gigi tiruan lengkap, dan gigi tiruan jembatan dengan memperhatikan teori komunikasi terapeutik dan penanggulangan masalah pasca perawatan gigi tiruan secara mendalam (CPL 3, 4, 8, dan 11)

    CPMK 8

    menguasai teori aplikasi pemilihan, manipulasi dan aplikasi material, serta penggunaan peralatan dan teknologi kedokteran gigi dalam perawatan pasien sesuai indikasi dan evidence-based dentistry secara mendalam  (CPL 4 dan 6)

    CPMK 9

    menguasai teori aplikasi prosedur tindakan medik kedokteran gigi, pada pasien tanpa atau dengan kompromis medis sesuai standar pelayanan medik dan evidence-based dentistry secara mendalam (CPL 4, 6, 7, 8, 10, dan 11)

    Capaian Ketrampilan Khusus

    CPMK 10

    melakukan tata laksana kehilangan gigi geligi dengan menerapkan teori identifikasi, diagnosis, dan rencana perawatan kasus kehilangan gigi geligi secara mandiri (CPL 3, 4, dan 7)

    CPMK 11

    melakukan perawatan gigi tiruan sebagian lepasan, gigi tiruan lengkap, dan gigi tiruan jembatan serta menerapkan teori komunikasi terapeutik dan penanggulangan masalah pasca perawatan gigi tiruan sesuai standar baku secara mandiri (CPL 3, 4, dan 8 )

    CPMK 12

    melakukan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) menggunakan komunikasi terapeutik interpersonal dalam pengelolaan pasien dalam upaya keberhasilan perawatan secara mandiri (CPL 3, 4, dan 8)

    CPMK 13

    memilih dan mengelola penggunaan material, peralatan, teknologi kedokteran gigi yang tepat sesuai indikasi dengan cara menganalisis rencana perawatan kasus dan pertimbangan evaluasi hasil penelitian berbasis bukti (evidence-based dentistry) guna memberikan perawatan yang optimal pada pasien secara mandiri (CPL 3 dan 4)

    Capaian Ketrampilan Umum

    CPMK 14

    Mampu menyusun laporan atau kertas kerja atau menghasilkan karya desain di bidang keahliannya berdasarkan kaidah rancangan dan prosedur baku, serta kode etik profesinya, yang dapat diakses oleh masyarakat akademik (CPL 2)

    CPMK 15

    Mampu mengomunikasikan pemikiran/argumen atau karya inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan profesi, dan kewirausahaan, yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika profesi, kepada masyarakat terutama masyarakat profesinya (CPL 2 dan 10)

    CPMK 16

    Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri (CPL 1 dan 5)

    CPMK 17

    Mampu mengikuti perkembangan keilmuan dan keahlian profesi (long life learner) (CPL 1)

    Capaian Pengetahuan Muatan Lokal

    CPMK 18

    menguasai prinsip aplikasi hukum islam dalam situasi tertentu yang berhubungan dengan perawatan kesehatan gigi dan mulut dengan (CPL 1 dan 8)

    Petunjuk Mempelajari Bahan Ajar

    Pada setiap babak, akan ditampilkan pendahuluan, penyajian dan penutup. Pendahuluan berisikan gambaran umum materi, relevansi dengan pengetahuan mahasiswa serta capaian pembelajaran. Pada bagian penyajian mahasiswa mendapat kesempatan untuk mengakses diktat kuliah dalam bentuk ppt atau pdf, video learning, link, dll. Evaluasi dilakukan pada bagian penutup berupa quiz dalam bentuk computer based test. Hasil evaluasi langsung ditampilkan setelah mahasiswa selesai mengerjakan quiz.

    GLOSSARY

    Complete denture is defined as “ A dental prosthesis which replaces the entire dentition and

    associated structures of the maxilla and mandible

    An impression is defined as, “an imprint or negative likeness of the teeth and/or edentulous areas where the teeth have been removed, made in a plastic material which becomes relatively hard or set while in contact with these tissues. Impressions may be made of full complements of teeth, of areas where some teeth have been removed, or in mouth from which all teeth have

    been removed”

    BUKU REFERENSI

    Bolender, Zarb., 2009. Prosthodontics Treatment for Edentulous Patients. New York: Mosby

    Lang, Brien R., amdWiliam C. Godwin., 1976. Complete Denture Prosthodontics. University of Michigans

    Nallaswamy, Deepak., 2003. Textbook of Prosthodontics. New Delhi: Jaypee Brothers Medical Publishers Ltd

    Rosenstiel S F, Martin F L, Fujimoto J., 2016. COntemporary fixed prosthodontics, 5th Ed. Missouri: Mosby Elsevier

    Carr A B, McGivney G P, Brown D T., 2005. McCracken's Removable Partial Prosthodontics, 11th Ed, St. Louis: Mosby Elsevier

    Informasi Komponen penilaian

    Mahasiswa harus memenuhi semua tahapan dalam kuliah daring ini. Setiap materi dalam topik tidak dapat terbuka hingga mahasiswa memenuhi prasarat yang dibutuhkan. Setiap materi diakhiri oleh kuis yang akan masuk dalam komponen penilaian dan diskusi dimana diwajibkan bagi mahasiswa untuk menyampaikan pendapatnya. Mahasiswa dinyatakan lulus dan berhak melakukan pekerjaan klinis apabila mencapai nilai minimum yang ditetapkan

    informasi konversi nilai dari angka ke huruf.

    Penilaian yang didapat mahasiswa setelah menyelesaikan kuliah daring ini selanjutnya akan dirubah menjadi komponen nilai. Nilai A dan B berarti mahasiswa lulus dan nilai C ke bawah berarti tidak lulus dan akan dikenakan tugas tambahan sebelum mengikuti tahapan klinis ke pasien.

    nilai 80-100 : A

    nilai 60-79  : B

    nilai >60      :C

  • TUGAS MANDIRI BLOK 18

  • TUTORIAL BLOK 18 (ANGKATAN 2020)

    SKENARIO PROBLEM BASED LEARNING 

    SKENARIO PBL 1 (2x pertemuan)

    A 65-year-old completely edentulous woman came to the dentist complaining about her inability to chew. The intraoral examination showed that there was an edentulous area in the upper and lower jaw, with a high alveolar bone of the upper jaw, while the alveolar bone of the lower jaw decreased. Extraoral examination showed that there were angular cheilitis and low face vertical height. The patient requires maxillary and mandibular complete dentures to restore form, function, and aesthetics.

       

    Discuss the case above by seven jumps method!

     

    SKENARIO PBL 2 (2x pertemuan)

    A 29-year-old man presented to the dental clinic with the chief complaint "I need new dentures, so I can chew better", since his lower teeth were extracted 3 months ago. Intraoral examination showed that tooth 36 has been extracted, tooth 37 has a superficial cavity on the occlusal with negative percussion, tooth 38 has GIC filling, and others were healthy and normal. The patient wanted to make a denture that cannot easily be removed. Before the treatment started, the dentist performed a radiograph examination.

      

    Discuss the case above by seven jumps method!

    SKENARIO PBL  3 (2x pertemuan) 

    A 40-year-old woman came to the dentist complaining of an uncomfortable sensation while chewing. Intra-oral examination showed teeth loss of 18, 17, 16, 15, 14, 26, 28, 38, 37, 45, 46, 47, and 48, and tooth 24 has pulp necrosis with degree 2 of luxation. The patient has never used dentures before. The dentist proposed a removable denture to perform oral rehabilitation. 

      

    Discuss the case above by seven jumps method!

    SKENARIO CASE BASED LEARNING 

    SCENARIO CBL 1 (1x pertemuan)

    A 56-year-old man came to the dentist complaining of a burning sensation in the palate. The condition was present 1 month ago, it was known that the patient had used maxillary partial dentures for 5 years. The patient has a habit of smoking 1 pack a day and brushing their teeth twice a day during baths and is in generally good health. The extra-oral examination is no abnormality, on the other hand, the intra-oral examination showed erythematous in the palatal mucosa covered by an unstable denture.