Blok 18 : Prosthetic Dentistry (6.94 SKS)
Assalamualaikum Wr Wb
Selamat Datang di Blok 18 Prosthetic Dentistry. Blok ini mempelajari salah satu cabang ilmu kedokteran gigi yaitu: Prosthodonsia. Semoga para mahasiswa dapat mengikuti semua kegiatan pada blok ini dengan lancar dan sehat. Aamin Ya Rabbal alamin
.
PJ Blok : drg. Arief Waskitho, Sp.Pros., PhD (arief.waskitho.85@gmail.com)
WPJ Blok: drg. Fahma Aldihyah Kunsputri, Sp. Pros (aldihyahfahma@gmail.com)
PJ Content: Dr. drg. Fahmi Yunisa Sp. Pros .(fahmi_yunisa@umy.ac.id)
Deskripsi Blok
Blok prosthetic merupakan blok 18 Prodi Kedokteran Gigi UMY. Blok ini terdiri dari 2 modul yaitu modul gigi tiruan lepasan dan modul gigi tiruan permanen. Blok ini berisi tentang diagnosa, perawatan dan pemeliharaan serta evaluasi pada kasus prostodonsia ( ilmu yang berhubungan dengan pemakaian gigi tiruan ) yang meliputi gigi tiruan sebagian, gigi tiruan lengkap dan gigi tiruan cekat.
Dalam blok prosthetic terdapat tutorial dengan 1 skenario CBL dan 3 skenario PBL yang harus didiskusikan oleh mahasiswa dalam tutorial dalam waktu 7 minggu, di mana dalam pelaksanaan diskusi tutorial setiap kelompok akan dibimbing oleh satu orang tutor sebagai fasilitator. Diharapkan setelah selesai melaksanakan blok ini mahasiswa akan dapat secara terintegrasi memahami pembuatan gigi tiruan. gigi tiruan lepasan dan modul gigi tiruan cekat. Blok ini berisi tentang diagnosa, perawatan dan pemeliharaan serta evaluasi pada kasus prostodonsia ( ilmu yang berhubungan dengan pemakaian gigi tiruan ) yang meliputi gigi tiruan sebagian, gigi tiruan lengkap dan gigi tiruan cekat.
Terima kasih kami ucapkan kepada nara sumber blok prosthetic, semua departemen yang terlibat, dan pihak-pihak lain yang membantu sehingga dapat tersusun modul pembelajaran online ini dengan baik. Semoga blok ini dapat dilaksanakan sesuai tujuan yang diharapkan dan kritik serta saran untuk perbaikan modul ini akan diterima tim penyusun dengan senang hati.
Learning Outcome Mata Kuliah
Peranan blok 18 mengenai prothetic dentistry dalam mendukung tercapainya kompetensi pendidikan dokter gigi dilakukan melalui keluaran/outcome yaitu mampu melakukan tata laksana perawatan pasien partial edentulous atau edentulous.
Ketercapaian Kompetensi Hard skills dan Soft skills Melalui Mata Kuliah
Kompetensi hardskills yang diharapkan mata kuliah ini meliputi aspek kognitif dan kecakapan dalam berpikir serta aspek psikomotorik yang meliputi kemampuan melakukan analisa, dan anamnesa, menegakkan diagnosa, menyusun rencana perawatan dan mengatasi kesulitan yang ditemui dalam tata laksana pasien edentulous. Komponen softskills yang diharapkan dalam mata kuliah ini meliputi aspek kecakapan personal dan sosial, disiplin, ketelitian, keberanian mengungkapkan pemdapat dan kemampuan kerjasama antar individu maupun dengan labolatorium kedokteran gigi
Peta Kompetensi
Capaian Pembelajaran
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
Capaian Sikap |
|
CPMK 1 |
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (CPL 1) |
CPMK 2 |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (CPL 2) |
CPMK 3 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (CPL 1) |
CPMK 4 |
Mampu mengelola dan menghargai pasien dengan keanekaragaman sosial, ekonomi, budaya, agama, dan ras melalui kerjasama dengan pasien & berbagai pihak terkait untuk menunjang pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang bermutu (CPL 8) |
Capaian Pengetahuan |
|
CPMK 5 |
menguasai teori aplikasi hukum kesehatan dan kode etik kedokteran gigi secara mendalam (CPL 2) |
CPMK 6 |
menguasai teori dan teori aplikasi tata laksana kehilangan gigi geligi meliputi identifikasi, diagnosis, dan rencana perawatan kehilangan gigi geligi secara mendalam (CPL 3, 4, dan 7) |
CPMK 7 |
menguasai teori dan teori aplikasi perawatan gigi tiruan sebagian lepasan, gigi tiruan lengkap, dan gigi tiruan jembatan dengan memperhatikan teori komunikasi terapeutik dan penanggulangan masalah pasca perawatan gigi tiruan secara mendalam (CPL 3, 4, 8, dan 11) |
CPMK 8 |
menguasai teori aplikasi pemilihan, manipulasi dan aplikasi material, serta penggunaan peralatan dan teknologi kedokteran gigi dalam perawatan pasien sesuai indikasi dan evidence-based dentistry secara mendalam (CPL 4 dan 6) |
CPMK 9 |
menguasai teori aplikasi prosedur tindakan medik kedokteran gigi, pada pasien tanpa atau dengan kompromis medis sesuai standar pelayanan medik dan evidence-based dentistry secara mendalam (CPL 4, 6, 7, 8, 10, dan 11) |
Capaian Ketrampilan Khusus |
|
CPMK 10 |
melakukan tata laksana kehilangan gigi geligi dengan menerapkan teori identifikasi, diagnosis, dan rencana perawatan kasus kehilangan gigi geligi secara mandiri (CPL 3, 4, dan 7) |
CPMK 11 |
melakukan perawatan gigi tiruan sebagian lepasan, gigi tiruan lengkap, dan gigi tiruan jembatan serta menerapkan teori komunikasi terapeutik dan penanggulangan masalah pasca perawatan gigi tiruan sesuai standar baku secara mandiri (CPL 3, 4, dan 8 ) |
CPMK 12 |
melakukan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) menggunakan komunikasi terapeutik interpersonal dalam pengelolaan pasien dalam upaya keberhasilan perawatan secara mandiri (CPL 3, 4, dan 8) |
CPMK 13 |
memilih dan mengelola penggunaan material, peralatan, teknologi kedokteran gigi yang tepat sesuai indikasi dengan cara menganalisis rencana perawatan kasus dan pertimbangan evaluasi hasil penelitian berbasis bukti (evidence-based dentistry) guna memberikan perawatan yang optimal pada pasien secara mandiri (CPL 3 dan 4) |
Capaian Ketrampilan Umum |
|
CPMK 14 |
Mampu menyusun laporan atau kertas kerja atau menghasilkan karya desain di bidang keahliannya berdasarkan kaidah rancangan dan prosedur baku, serta kode etik profesinya, yang dapat diakses oleh masyarakat akademik (CPL 2) |
CPMK 15 |
Mampu mengomunikasikan pemikiran/argumen atau karya inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan profesi, dan kewirausahaan, yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika profesi, kepada masyarakat terutama masyarakat profesinya (CPL 2 dan 10) |
CPMK 16 |
Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri (CPL 1 dan 5) |
CPMK 17 |
Mampu mengikuti perkembangan keilmuan dan keahlian profesi (long life learner) (CPL 1) |
Capaian Pengetahuan Muatan Lokal |
|
CPMK 18 |
menguasai prinsip aplikasi hukum islam dalam situasi tertentu yang berhubungan dengan perawatan kesehatan gigi dan mulut dengan (CPL 1 dan 8) |
Petunjuk Mempelajari Bahan Ajar
Pada setiap babak, akan ditampilkan pendahuluan, penyajian dan penutup. Pendahuluan berisikan gambaran umum materi, relevansi dengan pengetahuan mahasiswa serta capaian pembelajaran. Pada bagian penyajian mahasiswa mendapat kesempatan untuk mengakses diktat kuliah dalam bentuk ppt atau pdf, video learning, link, dll. Evaluasi dilakukan pada bagian penutup berupa quiz dalam bentuk computer based test. Hasil evaluasi langsung ditampilkan setelah mahasiswa selesai mengerjakan quiz.
GLOSSARY
Complete denture is defined as “ A dental prosthesis which replaces the entire dentition and
associated structures of the maxilla and mandible
An impression is defined as, “an imprint or negative likeness of the teeth and/or edentulous areas where the teeth have been removed, made in a plastic material which becomes relatively hard or set while in contact with these tissues. Impressions may be made of full complements of teeth, of areas where some teeth have been removed, or in mouth from which all teeth have
been removed”
BUKU REFERENSI
Bolender, Zarb., 2009. Prosthodontics Treatment for Edentulous Patients. New York: Mosby
Lang, Brien R., amdWiliam C. Godwin., 1976. Complete Denture Prosthodontics. University of Michigans
Nallaswamy, Deepak., 2003. Textbook of Prosthodontics. New Delhi: Jaypee Brothers Medical Publishers Ltd
Rosenstiel S F, Martin F L, Fujimoto J., 2016. COntemporary fixed prosthodontics, 5th Ed. Missouri: Mosby Elsevier
Carr A B, McGivney G P, Brown D T., 2005. McCracken's Removable Partial Prosthodontics, 11th Ed, St. Louis: Mosby Elsevier
Informasi Komponen penilaian
Mahasiswa harus memenuhi semua tahapan dalam kuliah daring ini. Setiap materi dalam topik tidak dapat terbuka hingga mahasiswa memenuhi prasarat yang dibutuhkan. Setiap materi diakhiri oleh kuis yang akan masuk dalam komponen penilaian dan diskusi dimana diwajibkan bagi mahasiswa untuk menyampaikan pendapatnya. Mahasiswa dinyatakan lulus dan berhak melakukan pekerjaan klinis apabila mencapai nilai minimum yang ditetapkan
informasi konversi nilai dari angka ke huruf.
Penilaian yang didapat mahasiswa setelah menyelesaikan kuliah daring ini selanjutnya akan dirubah menjadi komponen nilai. Nilai A dan B berarti mahasiswa lulus dan nilai C ke bawah berarti tidak lulus dan akan dikenakan tugas tambahan sebelum mengikuti tahapan klinis ke pasien.
nilai 80-100 : A
nilai 60-79 : B
nilai >60 :C