Praktik Profesi Keperawatan Keluarga
Deskripsi Stase Keperawatan Keluarga
Mata kuliah profesi keperawatan keluarga merupakan tahap yang menghantarkan mahasiswa dalam adaptasi profesi untuk menerima pendelegasian kewenangan secara bertahap dalam asuhan keperawatan untuk pencegahan primer, sekunder dan tersier kepada keluarga dengan berbagai tahap perkembangan keluarga meliputi masalah kesehatan yang bersifat actual, risiko dan potensial. Asuhan keperawatan keluarga pada tiap tahapan perkembangan keluarga tersebut yang meliputi pasangan keluarga yang baru menikah, keluarga yang menanti kelahiran, keluarga dengan balita, keluarga dengan anak usia sekolah, keluarga dengan remaja, keluarga dewasa dan masalah-masalah keluarga yang terkait dengan masalah kesehatan yang lazim di Indonesia. Mahasiswa juga memperoleh latihan untuk menjalankan fungsi advokasi, membuat keputusan legal dan etik serta menggunakan hasil penelitian terkini terkait dalam pemberian asuhan keperawatan keluarga. Mata kuliah keperawatan keluarga diberikan dengan beban studi 2 sks.
Ketercapaian Pembelajaran berdasarkan profil melalui Stase Keperawatan Keluarga
Capaian Pembelajaran (CPL), CPMK dan Sub CPMK Stase Keperawatan Keluarga adalah :
Capaian Pembelajaran
|
CPL-Prodi yang dibebankan pada Stase Keperawatan Keluarga |
|
CPL 1 |
Menunjukkan nilai-nilai ketakwaan terhadap Tuhan YME dan nilai-nilai ke-Muhammadiyahan dalam kehidupan bermasyarakat (S1) (C3A3P3) |
|
CPL 2 |
Menunjukkan sikap profesional berdasarkan etika. hukum dan budaya dalam mengatasi masalah kesehatan (S2) (C3A3P3) |
|
CPL 8 |
Mampu melaksanakan asuhan keperawatan secara profesional pada tatanan laboratorium dan lapangan (klinik dan komunitas) berlandaskan IPTEK. kolaborasi interprofesi dan nilai-nilai Islam (KK1) (C6, P5, A5) |
|
CPL 9 |
Mampu melaksanakan edukasi dan promosi kesehatan pada sistem klien dengan menggunakan komunikasi efektif berbasis IPTEK (KK2) (C6P5A5) |
|
CPL Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
||
CPMK 1.1 |
Mampu menunjukkan nilai ketakwaan kepada Tuhan YME dan ber-Muhammadiyah dalam dimensi syariah maupun akhlak bermuamalah (C3,A3,P3) |
|
CPMK 2.1 |
Mampu menunjukkan pribadi ners muslim Muhammadiyah yang profesional, tangguh dan kompeten (C3,A3,P3) |
|
CPMK 8.2 |
Mampu melaksanakan asuhan keperawatan secara profesional pada tatanan lapangan (klinik dan komunitas) berlandaskan IPTEK, kolaborasi interprofesi dan nilai-nilai Islam (C5,A5,P5) |
|
CPMK 8.4 |
Mampu melakukan komunikasi efektif interprofesi dalam pemberian asuhan keperawatan (C5,A5,P5) |
|
CPMK 8.5 |
Mampu menganalisa dan menggunakan hasil penelitian untuk memecahkan masalah asuhan keperawatan berdasarkan EBP (C4,A4,P5) |
|
CPMK 9.1 |
Mampu melaksanakan edukasi dan promosi kesehatan untuk pencegahan primer, sekunder dan tersier pada berbagai area keperawatan (C6,A5,P5) |
|
Kemampuan Akhir tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) |
||
Sub CPMK 1.1.1. |
Mampu menunjukkan aspek syariah, akhlak, menghormati, dan empati, serta memiliki kepedulian dalam bermuamalah (C3A3P3) |
|
Sub CPMK 2.1.2. |
Mampu menunjukkan sikap yang menjunjung tinggi integritas, tanggung jawab, kompeten dalam mengatasi masalah kesehatan dan berjiwa kepemimpinan (C3A3P3) |
|
Sub CPMK 8.2.1 |
Mampu melakukan pengkajian, Perencanaan, implementasi dan evaluasi asuhan keperawatan keluarga berlandaskan nilai-nilai Islam dalam pemberian asuhan keperawatan keluarga (C5,A5,P5) |
|
Sub CPMK 8.4.1 |
Mampu mengelola pemberian asuhan keperawatan keluarga dengan berbagai tahap perkembangan (C5,A5,P5) |
|
Sub CPMK 8.5.1. |
Mampu mengintegrasikan EBP dan IPTEK dalam asuhan keperawatan keluarga (C4,A4,P5) |
|
Sub CPMK 8.5.2 |
Mampu menganalisis asuhan keperawatan keluarga yang telah dilakukan (C4,A4,P5) |
|
Sub CPMK 9.1.1 |
Mampu melakukan komunikasi terapeutik dalam pendidikan dan promosi kesehatan di berbagai tahap perkembangan keluarga dengan pendekatan asuhan keperawatan keluarga(C6,A5,P5) |