BLOK I. KETERAMPILAN BELAJAR DAN PROFESIONALISME
Assalamualaikum Wr.Wb
Selamat datang Mahasiswa Baru Program Studi Kedokteran FKIK UMY Angkatan 2020! Selamat datang di Blok pertama yaitu Blok 1 tahun ajaran 2020/2021. Pada blok pertama ini akan di pelajari bagaimana proses pembelajaran mahasiswa kedokteran dan memahami profesionalisme seorang Dokter. Seluruh pembelajaran kita dilakukan dengan proses Hybrid Learning atau Blended Learning antara online dan offline. Yaitu pembelajaran dengan tatap muka serta bersamaan dengan kuliah jarak jauh yang menghubungkan dosen dengan mahasiswa melalui jaringan internet. Proses kuliah ini membutuhkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi:
- Materi kuliah yang dapat diakses dalam bentuk: PDF, powerpoint, word, video, atau html, atau sumber pengetahuan yang lain.
- Presensi mahasiswa melalui penugasan, bisa berupa MCQ, pertanyaan Benar/Salah, jawaban pendek, esai, dll. Mahasiswa yang tidak memenuhi penugasan kuliah ini dianggap tidak hadir. Presensi ini ikut diperhitungkan dalam persentase kehadiran kuliah minimal 75% kehadiran sebagai syarat diperbolehkannya mengikuti ujian MCQ Blok.
- Penilaian/koreksi penugasan sebagai bukti kehadiran dosen selain aktif dalam forum diskusi.
- Mahasiswa wajib membuat pernyataan tentang Pakta Integritas.
Berperan aktiflah dalam proses belajar mengajar, karena untuk jadi dokter yang baik dan sukses selain knowlegde juga sangat diperlukan attitude yang baik salah satunya JUJUR. Sampaikan keluhan, masukan dan kritik yang membangun pada PJ Blok maupun Wakil PJ Blok (kontak ada di pengantar Blok) untuk kebaikan pelaksanaan Blok 1 ini. Enjoy Blok 1!
PJ Blok 01
dr. Muhammad Khotibuddin, MPH
Wakil PJ Blok 1
dr. Mardhatillah Marsa, Sp.F., M.Sc
Deskripsi Blok
Blok Ketrampilan Belajar & Profesionalisme merupakan blok pertama tahun pertama
dari kurikulum blok problem based learning (PBL) Fakultas Kedokteran & Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FKIK UMY) Tahun 2020. Blok keterampilan belajar memiliki tujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dasar dan keterampilan serta sikap profesional yang dibutuhkan pada proses pembelajaran di pendidikan dokter FKIK UMY yang nantinya dapat diterapkan secara berkesinambungan pada proses selanjutnya. Pada akhir blok mahasiswa diharapkan mampu :
- Memahami proses belajar dan praktek kedokteran yang profesional sesuai dengan nilai dan prinsip ke-Tuhan-an, moral luhur, etika, disiplin, hukum, dan sosial budaya.
- Memahami dan menerapkan konsep dasar kurikulum pendidikan kedokteran yang berprinsip PBL.
- Memahami dan menerapkan keterampilan belajar yang baik dengan prinsip belajar orang dewasa (adult learning).
- Menerapkan komunikasi interpersonal, berfikir kritis dalam proses pembelajarandi FKIK UMY.
- Memahami prinsip dasar ilmu kedokteran dalam proses pembelajaran di FKIK UMY.
Capaian Pembelajaran Lulusan
Kode CPL |
CPL |
CPMK |
CPL1 |
Menunjukkan sikap dan karakter dokter yang profesional berlandaskan nilai-nilai Islam dan kemuhammadiyahan dalam kehidupan akademik dan sosial
|
|
CPL 2 |
Menunjukkan sikap mawas diri dan upaya pengembangan diri dalam bentuk keinginan untuk belajar sepanjang hayat |
|
CPL 3 |
Menunjukkan sikap inovatif, bertanggung jawab dan berkarakter islami dalam mengaplikasikan pengetahuan kedokteran dan kewirausahaan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu bersama dengan rekan intra maupun interprofesi demi keselamatan pasien yang berwawasan global dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
|
|
CPL4 |
Mengimplementasikan konsep teoritis melalui literasi sains kedokteran dasar maupun klinis, prosedur pemeriksaan dan perangkat penegakan diagnosis pada berbagai jenis masalah kesehatan di keluarga/masyarakat/komunitas secara holistik dan komprehensif dengan berwawasan global yang didukung teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
|
|
Referensi
Amir, Z; Eng, KH, (2003), Basics in Medical Education, World Scientific Publishing
Co.Pte. Ltd.
Barbara;Bates (1995), A Guide to Physical examination and history taking, 6th ed,
Lippincolt Company Philadelphia.
Brammer L. The Helping Relationship. 2nd ed. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice
Hall, 1979.
Cavanagh M. The Counseling Experience: A Theoretical And Practical Approach.
Prospect Heights, Illinois: Waveland Press, Inc., 1982.
Clinebell H. Basic Types Of Pastoral Care And Counseling. Nashville: Abingdon
Press, 1984.
Dent,Ja;harden,Rm, (2003), A Practical Guide For Medical Teachers, Elsevier
Science limited.
Egan G. The Skilled Helper. Monterey, California: Brookes/Cole Publishing
Company, 1982.
Hanlon, John, (1996), Public Health administration, California, USA.
Hovenga,E,Kidd,M,Cesnik,B, (1996), Health Informatics an Overview, Curchill,
Livingstone.
Handbook of Medical Informatics, (2000).
Hasibuan,S,(1986), Medicine: English For Specific Purposes, PT Gramedia, Jakarta.
Mahar, J.C., (1994), International medical Communication in English: English for
Specific purposes, University of Michigan Press.
Prasyaratan
Blok keterampilan belajar adalah blok pertama di kurikulum Program Studi Pendidikan
Dokter (PSPD) FKIK UMY yang memberikan mahasiswa prinsip dasar dan konsep
belajar di PSPD FKIK UMY. Pengetahuan dasar dan keterampilan yang dipelajari pada
blok ini akan diterapkan pada blok selanjutnya. Oleh karena itu mahasiswa harus
mengikuti blok keterampilan belajar ini sebelum melanjutkan blok berikutnya.
Aktivitas pembelajaran harus diikuti oleh mahasiswa sebagai prasyarat untuk
mengerjakan evaluasi akhir. Minimal kehadiran dari aktivitas pembelajaran meliputi:
1. Perkuliahan online : 75%
2. Tutorial online : 75%
3. Skillabs online/offline : 100%
4. Praktikum online/offline : 100%
Evaluasi
Penilaian dilakukan secara formatif dan sumatif. Penilaian formatif dilakukan dengan
menilai aktivitas harian mahasiswa dengan menggunakan check list, laporan tertulis, kuis dan lain sebagainya. Penilaian sumatif dilakukan dengan ujian CBT.
Kegiatan | Assesment | Nilai Minimal | Keterangan |
Kuliah (online) | MCQ CBT Online | 60 | Nilai Akhir Blok |
Tutorial | Nilai Harian | 60 (Rata-rata) | |
Minikuis Tutorial | |||
Praktikum | Nilai Harian | 60 (Rata-rata) | |
Responsi / Tentamen | |||
Skillabs | Ujian OSCE dan Nilai Harian | 65 (Rata-rata) | Nilai Akhir Skillabs Semester |
Nilai akhir blok akan ditentukan dengan komposisi :
• 60% dari MCQ CBT (Evaluasi Belajar)
• 30% dari Tutorial
• 10% dari Praktikum
• Nilai Keterampilan klinis terpisah dari blok dan dilaporkan tersendiri setiap semester.
Mahasiswa dikatakan lulus blok keterampilan belajar dan profesionalisme apabila telah
memenuhi kriteria sebagai berikut :
• Nilai minimal untuk MCQ adalah 60
• Nilai akhir tutorial minimal adalah 60
• Nilai minimal ujian praktikum (responsi/tentamen) adalah 60
• Nilai akhir blok adalah 60