DISKUSI ILMIAH

Bahaya Teh Manis

Bahaya Teh Manis

by 20110340015 Elda Detria Widyastuti -
Number of replies: 7

Es teh mengandung konsentrasi tinggi oksalat, salah satu bahan kimia kunci yang memicu pembentukan batu ginjal.Es teh memang nikmat untuk diminum pada saat suasana sangat panas. Namun dibalik kenikmatannya itu, es teh menyimpan potensi yang merugikan bagi kesehatan.

Mengkonsumsi es teh secara berlebih dapat meningkatkan resiko menderita batu ginjal Bagi mereka yang memiliki kecenderungan sakit batu ginjal, es teh jelas menjadi minuman terburuk.

Teh panas sebenarnya juga menyimpan efek buruk yang sama, namun hanya takarannya saja yang lebih sedikit, tak sebanding kalau minum es teh yang bila haus akan minum lebih banyak bahkan bergelas-gelas.
Pria, wanita dengan tingkat estrogen rendah, dan wanita yang pernah menjalani operasi pengangkatan indung telur paling rentan terkena dampak es teh ini.

Oleh karena itu, gantilah mengkonsumsi minuman dengan air putih, atau mencampurnya dengan lemon. Karena lemon kaya akan kandungan citrates yang dapat menghambat pertumbuhan batu ginjal.

Sebaiknya, konsumsi es teh secara bijak demi kesehatan ginjal. Padukan dengan makanan tinggi kalsium yang dapat mereduksi oksalat, dan tentu saja perbanyak minum air putih.

In reply to 20110340015 Elda Detria Widyastuti

Re: Bahaya Teh Manis

by 20110340083 Ditya Anggreina -

kakak, mau tanya dong :)

emang apa yg bikin reaksi antara es teh sama teh panas beda didalem tubuh?

emang teh reaksinya berubah terhadap suhu ya?

kok bisa gitu ya kakak?

In reply to 20110340015 Elda Detria Widyastuti

Re: Bahaya Teh Manis

by 20110340019 Citra Kirana Nareswari -

aku mau kasih info sedikit tentang khasiat teh yaa. jadi teh tidak hanya berbahaya, tapi juga mempunyai banyak khasiat......

Wow,,Bau Ketiak & Kaki Hilang Berkat Teh Celup. Seperti dilansir dari Bella Sugar, teh celup ternyata dapat menghilangkan aroma tidak sedap dari ketiak dan kaki. Tidak hanya sampai di situ, berikut ini manfaat lainnya dari teh celup.

Menghilangkan Bau Ketiak dan Kaki
Lupa memakai deodoran pada saat ke kantor? Jangan khawatir, ada solusi jitu agar bau badan menyerap, yakni dengan menggosokkan teh celup basah di daerah ketiak.

Selain untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada ketiak, teh juga dapat menetralkan bau kaki. Rendam kaki dalam air teh yang berasal dari satu atau dua teh celup. Teh celup merupakan pembunuh bakteri yang dapat merangsang aroma tidak sedap keluar dari kelenjar keringat.

Berendam di Air Teh untuk Cegah Keriput
Anda bisa mengumpulkan sisa kantung teh setiap harinya dan simpanlah di kulkas. Di akhir pekan Anda bisa menaruh beberapa kantung teh tersebut di bathtub untuk Anda berendam. Berendam dalam air teh dapat mencegah keriput, karena teh kaya akan anti-oksidan yang dapat melawan radikal bebas, pemicu kerutan.

Solusi untuk Kuku Retak
Kuku yang telah retak atau patah memang tidak bisa disambung kembali, namun ada solusi sementara untuk kuku yang patah setengah. Anda bisa merekatkannya dengan kantung teh. Caranya:
- Gunting kantung teh sesuai dengan ukuran kuku
- Untuk merekatkan kantung teh pada kuku gunakan basecoat atau cat kuku bening,
- Agar hasil lebih kuat, Anda bisa membuat lapisan kedua. Pastikan lapisan pertama telah kering, lalu tempelkan kembali kantung teh.
- Untuk menyamarkan lapisan teh, Anda bisa menggunakan cat kuku berwarna.

Meredakan Kulit Terbakar Akibat Matahari
Selepas dari pantai dan berjemur, kulit dapat terbakar sinar matahari. Kulit terbakar ditandai dengan rasa panas, perih, kulit memerah dan terkelupas. Untuk mengatasi masalah ini Anda dapat menempelkan teh celup yang telah didinginkan.

Menyamarkan Lingkar Hitam Mata
Teh memang dapat diandalkan sebagai penyamar lingkar hitam pada mata. Caranya dengan mengompres mata dengan kantung teh dingin selama 15 menit. Lakukanlah setiap pagi, agar mata terlihat lebih segar.

http://beritaterkini.us/health/wowbau-ketiak-kaki-hilang.html

In reply to 20110340015 Elda Detria Widyastuti

Re: Bahaya Teh Manis

by 20110340041 Cahyaning Hannisa P -

aku mau nambahin tentang efek samping minum teh setelah

makan dan kiat minum teh yang tepat.

Minum teh paling tidak sejam sebelum atau setelah makan akan mengurangi daya serap sel darah terhadap zat besi sebesar 64 %. Pengurangan daya serap akibat teh ini lebih tinggi daripada akibat sama yang ditimbulkan oleh minum segelas kopi setelah makan. Kopi mengurangi daya serap hanya 39 %.
Minum teh setelah makan terbukti bisa mengakibatkan anemia. Hal tersebut berdasarkan riset dari Bagian Kesehatan Ibu dan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang.


Pengurangan daya serap zat besi itu diakibatkan oleh zat tanin dalam teh. Selain mengandung tanin, teh juga mengandung kafein, polifenol, albumin, dan vitamin. Tanin bisa mempengaruhi penyerapan zat besi dari makanan terutama yang masuk kategori heme non-iron, misalnya padi-padian, sayur-mayur, dan kacang-kacangan.

Bila kita makan menu standar plus segelas teh, zat besi yang diserap hanya setengah dari makanan yang kita makan.
Pengurangan daya serap zat besi itu diakibatkan oleh zat tanin dalam teh. Sifat zat ini mengikat mineral. Anda mungkin sering melihat adanya lapisan tipis di permukaan air teh, bila air yang dipergunakan banyak mengandung mineral (air sadah). Lapisan tipis tersebut sesungguhnya adalah hasil reaksi antara mineral dengan tanin, membentuk tanat. apabila tanin tersebut bereaksi dengan mineral-mineral dalam makanan, maka mineral tersebut akhirnya tidak dapat digunakan tubuh dan terbuang bersama feses.
Namun, Ada kiat minum teh yang tepat, agar minuman ini tidak menghambat produksi zat besi dalam sel darah:
* Teh akan berefek baik bagi tubuh bila dikonsumsi pada pagi dan sore, disertai karbohidrat dan protein, misalnya roti dan biskuit.
* Kiat lain, memberikan jeda minum teh setelah makan, misalnya dua jam setelah makan.
Jeda itu diperlukan karena rentang waktu itu diperkirakan cukup bagi usus 12 jari dan usus halus bagian atas untuk melakukan proses penyerapan makanan.
http://saqy.blogspot.com/2010/08/minum-teh-setelah-makan-bahaya.html
In reply to 20110340015 Elda Detria Widyastuti

Re: Bahaya Teh Manis

by 20110340073 Muhd.Syukron Alfatah -

menurut saya sih teh tdk terlalu berbahaya bagi kesehatan

inimenurut saya ya , kenapa? krna teh juga salah satu berasal dr bahan herbal ,

dan bagus utk d konsumsi , tp ya benar tdkperlu terlalu nerlebihan.

tp tdk perlu d katakan menjadi sesuatu yg berbahaya jd kesannya

agak "mengerikan" utk d konsumsi , jd yaa tergantung kita mengatur takarn nya saja

terimakasih wasalam

In reply to 20110340073 Muhd.Syukron Alfatah

Re: Bahaya Teh Manis

by 20110340019 Citra Kirana Nareswari -

iyaaa saya setuju sama syukron. karena faktanya teh lebih banyak khasiatnya dalam tubuh daripada efek samping. yang paling penting teh dapat membuat tubuh terasa segar, juga menghangatkan tubuh. so jangan takut untuk minum teh yaaaa....

In reply to 20110340019 Citra Kirana Nareswari

Re: Bahaya Teh Manis

by 20110340024 Miftah Hasana Hanundian -

Saya juga mau nambahin yaa teman-teman.... Selain teh manis ada lagi nih temennya si teh tawar :p

Jadi berikut beberapa kasiat yang dimiliki teh tawar (hangat):

1. Untuk obat penurun berat badan.

Kenapa? Konon katanya teh yang panas, bisa langsung menghancurkan lemak yang sudah masuk ke dalam tubuh kita. Dengan begitu harusnya lemak jahat dalam tubuh bisa cepat hilang, terbawa pada pembuangan akhir. Makanya kalau sedang makan makanan seperti jeroan atau yang mengandung minyak, minum teh panas akan jauh lebih berguna.

2.Untuk obat penurun demam.

Pernah saya ke dokter ketika suhu badan sedang tinggi. Dokter tersebut menganjurkan saya meminum teh tawar panas sebanyak satu gelas, lalu berlanjut lagi satu gelas setiap setengah jam jika panas masih belum bisa turun. Niscaya (wedew, bahasanya…) suhu badan akan perlahan kembali normal.

3. Untuk obat anti mencret.

Mama saya kerap kali menyuruh saya meminum teh panas (tapi khusus penyakit ini harus dibuat sekental mungkin) kalau misalnya perut saya sedang mules terus dan tidak bisa berhenti buang air dalam bentuk cairan. Tapi tetep, minum air putih untuk menggantikan cairan yang hilang. Hanya saja supaya nggak mencret lagi, teh panas bisa cukup membantu.


4. Untuk menghilangkan bau badan.

Hihihi, ayoooo ngaku siapa yang punya BB? Bukan blackberry tapi bau badan! Nah, nggak usah khawatir, teh tawar ini bisa membantu loh. Caranya mudah, cukup larutkan teh tawar dengan kapur sirih lalu diamkan semalaman. Ketika sudah menjadi teh basi yang wanginya aneh, lumuri cairan tersebut di ketekmu. Niscaya (lagi, deh…) bau badan akan hilang. Tapi dengan pemakaian rutin, ya.


Ada yang belum saya sebut nggak ya? Hihihi, tapi rasanya nggak ada, sih. Cuma empat point di atas yang menurut pengalaman saya cukup berguna.

Memang sih rasa teh tawar itu nggak enak. Ya jelas dong, rasanya kan pahit dan tawar gitu, pasti banyak yang lebih senang dengan teh manis. Tapi hati-hati penggunaan teh manis yang berlebihan, selain menimbulkan kegemukkan, bisa juga menumbuhkan jerawat hingga tambah subur di lahan mukamu yang mulus.

Makasih yaa gan semoga info ane bermanfaat :D

http://duniakura2.blogspot.com/2009/12/khasiat-teh-tawar_11.html


In reply to 20110340015 Elda Detria Widyastuti

Re: Bahaya Teh Manis

by 20110340084 Diani Marta Rahmadyanti -
kak, mau tnya ya.. bahaya itu lebih k wanita atau laki2? trus, slain teh manis, minuman apa yg bisa micu batu ginjal? makasi :)