DISKUSI ILMIAH

resus komuda blok 22 yucaesario mohammad ramadhan 20090310118

resus komuda blok 22 yucaesario mohammad ramadhan 20090310118

by Yucaesario Mohammad Ramadhan -
Number of replies: 0

Seorang anak berumur 8 tahun datang ke puskesmas bersama ayahnya mengeluh demam 1 hari yang lalu dan batuk pada hari dia datang ke puskesmas. Dokter mendiagnosisnya ISPA dan memberikan resep paracetamol, GG, dan vit. C. Dia tinggal bersama Ayah, Ibunya yang sedang mengandung, dan adiknya. Ibunyaseorang guru dan Ayahnya seorang pekerja pabrik.

Masalah yang Dikaji

  1. Apakah diagnosis dokter sudah tepat?
  2. Apakah terapi yang diberikan sudah tepat?

Diskusi

Penyakit ISPA merupakan penyakit yang sering terjadi pada anak-anak karena sistem pertahan tubuh mereka masih rendah. Sebagian besar dari infeksi saluran pernapasan hanya bersifat ringan seperti batuk-pilek, disebabkan oleh virus. Ketika terjadinya saluran pernapasan terinfeksi maka akan timbul gejala-gejala seperti demam (pada anak-anak), hidung terasa mampet dan berair mengeluarkan mucus, pusing dan sakit kepala,tenggorokan terasa kering dan sakit, batuk-batuk, kadang nyeri di bagian telinga. Agen virus yang biasa menyebabkan ISPA ada rhinovirus, coronavirus, enterovirus, dan adenovirus. ISPA digolongkan menjadi dua golongan, antara lain non-pneumonia (dikenal masyarakat dengan istilah batuk-pilek) dan pneumonia (apabila batuk-pilek disertai gejala lain seperti kesukaran bernapas, peningkatan frekuensi napas, dll).

Paracetamol adalah obat yang mempunyai efek mengurangi nyeri (analgesik) dan menurunkan demam (antipiretik). Cara menurunkan demam dengan cara menghambat pusat pengatur panas tubuh di hipotalamus. Pada kondisi demam, paracetamol hanya bersifat simtomatik yaitu meredakan keluhan demam (menurunkan suhu tubuh) dan tidak mengobati penyebab demam itu sendiri. Dosis dalam bentuk tablet pada anak-anak 6-12 tahun: 1/2- 1 tablet 3 - 4 kali sehari.

Glyceryl guaiacolate adalah obat yang mempunyai cara kerja mengencerkan dahak pada saluran pernapasan sehingga mempermudah pengeluaran dahak. Oleh karena itu obat ini digunakan untuk meredakan batuk berdahak. Obat ini bertindak sebagai ekspetoran dengan meningkatkan volume dan mengurangi viskositas sekresi dalam trakea dan bronkus. Hal ini juga merangsang aliran sekresi saluran pernapasan memungkinkan gerakan siliari untuk membawa sekresi melonggarkan ke atas menuju faring. Dengan demikian dapat meningkatkan efisiensi reflek batuk dan memfasilitasi panghapusan sekresi. Dosis yang diberikan pada anak-anak 6-12 tahun biasanya 1-2 tablet setiap 4 jam maksimum 12 tablet sehari.

Vitamin C adalah vitamin. Orang mendapatkan vitamin biasanya dari sayuran dan buah terutama buah jeruk. Akhir-akhir ini vitamin c biasa digunakan untuk mencegah dan mengobati demam. Vitamin c juga berperan penting dalam membantu penyerapan zat besi dan mempertajam kesadaran. Sebagai antioksidan, vitamin c mampu menetralkan radikal bebas di seluruh tubuh. Selain itu vitamin cjuga dapat memperkuat daya imunitas dalam tubuh.

Dokumentasi

Nama pasien    : Bunga

Umur               : 8 tahun

Keluhan           : demam dan batuk

Dx                   : ISPA

Tx                    : Paracetamol

Glyceryl Guaiacolate

Vitamin C