Defia aku juga belomterlalu faham sih tapi kalau dilihat di inti jurnalnya bagaimana sih perawat itu memberikan edukasi dan skill yang dimiliki dalam keberadaannya di ICU. gitu ya kawan?
kalo sepemahaman q...
jurnal nya itu tentang bagaimana perawat berkomunikasi dengan pasien dan keluarga kaya peran n tanggung jawabnya gimana ke keluarga memakai cara four C's, terus memecahkan masalah pd keluarga dengan teknik empati yg NURSE...
aku ga faham yang four C's apaan def?
terus yang di jurnal juga ada yang mengatakan training dan evaluasi dalam training dan evaluasi itu ada juga yang menjelaskan tentang core task. nah itu core task nya yang bagaimana?
kalo yang tri tangkep dari jurnal itu adalah bagaimana pentingnya komunikasi. perawat membutuhkan skill komunikasi yang maksimal, jadi misalkan kita ingin membina hubungan dengan family dengan pasien ICU kita membutuhkan skiil komunikasi yang baik agar terbina hubungan saling percaya. trus kita sebagai perawat ICU akan memberikan edukasi pada family dan pasien, disini juga komunikasi sangat penting karena setiap family (pendengar) memiliki strata pendidikan yang berbeda, cultur yang berbeda. jadi pinter2 komunikasi perawat agar bisa membina dengana family dan pasien ICU.
di jurnal juga menyebutkan peran perawat sebagai 4C dan semuanya membuuhkan skill komunikkasi yang baik.
ok tri... defiaaaa
jadi sy juga barusan membaca dijurnal dalamnya mengatakan bahwa perawat ICU juga harus menggunakan variasi dalam membina hubungan saling percaya dengan pasien, selain itu dijurnal juga mengatakan bahwa perawat juga harus fokus dalam basic skill yang sudah dimiliki.
Re: dijawab dong teman
mau nambahin ya risni, jadi bener yang uda temen-temen bilang tadi. jurnal ini penelitian mengenai pentingnya skill komunikasi perawat. ada four C's, nah itu berhubungan juga dengan NURSE Mnemonic for communicating emphaty. dimana four C's dan NURSE itu penting untuk komunikasi dengan critically klien...
Re: dijawab dong teman
coba risni ke diskusi "zulfa" disitu uda dijawab dwipuji yang four C's atau 4C :D
Re: dijawab dong teman
coba risni ke diskusi "zulfa" disitu uda dijawab dwipuji yang four C's atau 4C :D
Re: dijawab dong teman
oiya rizni., four C's itu... 4 C
1. Convening : memastikan pertemuan antara keluarga dan NaKes berlangsung
2. Checking : interpretasi dan klarifikasi perubahan informasi antara pasien/keluarga dan tenaga medis
3. Caring : identifikasi emosi dan merespon perasaan pasien/keluarga
4. Continuing : mengkaji kembali dengan pasien/keluarga dan tenaga medis setelah pertemuan.
gitu ga sekar, artinya...
iya bener artinya itu def..
jadi, 4 C itu seperti langkah-langkah yang dilakukan oleh perawat ICU ketika berkomunikasi dengan keluarga ya?
ok deh ipeh defiaaa. makasiiih :)heheh
oh ya nih teman....
Bagaimana sih strategi dalam memahami bagaimana cara untuk mengetahui keadaan pasien ddan keluarganya ketika di ICU?
Re: dijawab dong teman
terus dalam penyampian kepada keluarga klien apakah perawat masih harus berkolaborasi dg tim medis lain apa cukup perawat sendiri?
Re: dijawab dong teman
hai rifkyyy... kalau yang saya tahu partisipasi dengan keluarga, staff perawat yang lainnya, dan tentunya kan sudah di ICU. jadi tetap berkolaborasi dengan tim medis lainnya,. itu kalau menurutsaya sih. kalau dari jurnal nya sendiiri lebih berfokus dengan skillperawat dan peran keluarganya
temen-temen tanya ya...
ini training nya sebenernya gimana ya saya takut salah pemahaman mengartikan jurnal..
kalo menurutku sih, pnyampaian itu perawat yg melakukan tp
harus disamakan pemahaman hal yg akan disamapikan ini dengan tim kes lainnya biar gg ada salah paham
Kalau menurut saya dalam jurnal itu mengatakan training itu dilakukan dengan cara berkomunikasi dan perawat yang emlakukan training tersebut kemudian diterapkan kepada pasien.
selain itu dalam training tersebut juga menegaskan dalam tabel for critical communication nurse itu lho deff...