Topic outline

  • BLOK V. INDERA & INTEGUMENTUM

    Assalamualaikum, Wr, Wb.

    Selamat datang Mahasiswa Baru Program Studi Kedokteran FKIK UMY Angkatan 2020! Selamat datang di Blok kelima yaitu Blok 5 tahun ajaran 2020/2021. Pada blok kelima ini akan di pelajari mengenai Indera dan Integumentum. Seluruh pembelajaran kita dilakukan dengan proses Hybrid Learning atau Blended Learning antara online dan offline. Yaitu pembelajaran dengan tatap muka serta bersamaan dengan kuliah jarak jauh yang menghubungkan dosen dengan mahasiswa melalui jaringan internet. Proses kuliah ini membutuhkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi:

    1. Materi kuliah yang dapat diakses dalam bentuk: PDF, powerpoint, word, video, atau html, atau sumber pengetahuan yang lain.
    2. Presensi mahasiswa melalui penugasan, bisa berupa MCQ, pertanyaan Benar/Salah, jawaban pendek, esai, dll. Mahasiswa yang tidak memenuhi penugasan kuliah ini dianggap tidak hadir. Presensi ini ikut diperhitungkan dalam persentase kehadiran kuliah minimal 75% kehadiran sebagai syarat diperbolehkannya mengikuti ujian MCQ Blok.
    3. Penilaian/koreksi penugasan sebagai bukti kehadiran dosen selain aktif dalam forum diskusi.
    4. Mahasiswa wajib membuat pernyataan tentang Pakta Integritas.

    Berperan aktiflah dalam proses belajar mengajar, karena untuk jadi dokter yang baik dan sukses selain knowlegde juga sangat diperlukan attitude yang baik salah satunya JUJUR. Sampaikan keluhan, masukan dan kritik yang membangun pada PJ Blok maupun Wakil PJ Blok (kontak ada di pengantar Blok) untuk kebaikan pelaksanaan Blok 5 ini. Enjoy Blok 5!

    PJ Blok 5

    dr. Seshy Tinartayu, M.Sc

    Wakil PJ Blok 5

    dr. Hidayatul Kurniawati, M.Sc

    Deskripsi Blok 

    Blok Indera dan Integumentum merupakan blok ke 5 tahun pertama dari kurikulum 2018 semester genap di Prodi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY. Mahasiswa dalam blok ini akan mempelajari struktur dan fungsi organ indera yang meliputi sistem pendengaran, penghidu, pengecapan, penglihatan dan peraba ditinjau dari aspek anatomi, histologi dan fisiologi. Selanjutnya dengan konsep dasar ini diharapkan mahasiswa mampu memahami mekanisme penyakit atau gangguan pada sistem tersebut pada blok-blok selanjutnya.

    Mahasiswa diharapkan mampu melakukan hal di bawah ini pada akhir blok :

    1. memahami proses belajar dan praktek kedokteran yang profesional sesuai dengan nilai dan prinsip ke-Tuhan-an, moral luhur, etika, disiplin, hukum,dan social budaya.
    2. memahami dan menerapkan konsep dasar kurikulum pendidikan kedokteran yang berprinsip PBL.
    3. mengetahui dan mampu memahami tentang struktur dan fungsi tubuh manusia pada tingkat molekuler, seluler, jaringan dan organ khususnya pada sistem indera dan integumentum.
    4. memahami dan menerapkan prinsip-prinsip dasar ilmu kedokteran keluarga terkait prinsip manusia sebagai makhluk biopsikososial.
    5. memahami dan menerapkan prinsip-prinsip Islam dalam hal kodrat dasar manusia.

    Capaian Pembelajaran Lulusan

    HARDSKILL

     

     

    KETERAMPILAN

    UMUM

     

     

     

     

     

     

     

    KETERAMPILAN KHUSUS

     

     

     

    1. Mampu memanfaatkan teknologi informasi komunikasi dan informasi kesehatan dalam praktik kedokteran  (KU10)
    2. Mampu mengidentifikasi, menjelaskan dan merancang penyelesaian masalah kesehatan secara ilmiah menurut ilmu kedokteran kesehatan  mutakhir untuk mendapat hasil yang optimum pada individu, keluarga dan masyarakat serta mendiseminasikan hasilnya (KU11)
    3. Mampu mempresentasikan informasi ilmiah secara efektif. Mampu memanfaatkan keterampilan pengelolaan informasi untuk diseminasi informasi dalam bidang kesehatan (KU12)

     

     

     

    1. Mampu bertanggungjawab dalam menyelesaikan masalah kesehatan individu, keluarga, dan masyarakat berdasarkan landasan ilmiah ilmu kedokteran dan kesehatan yang mutakhir untuk mendapat hasil yang optimum.dalam konteks pelayanan primer (KK1)
    2. Dokter memiliki wewenang dan tanggungjawab dalam melakukan prosedur diagnosis (KK 4)
    3. Mampu mengambil   keputusan  secara bertanggungjawab sesuai ketentuan perundang-undangan, norma dan etik kedokteran (KK16)
    4. Menerapkan  ilmu Biomedik,  ilmu Humaniora,  ilmu Kedokteran Klinik, dan ilmu Kesehatan Masyarakat / Kedokteran   Pencegahan / Kedokteran   Komunitas   yang terkini untuk mengelola masalah kesehatan secara holistik dan komprehensif (KK19)

    SOFTSKILL

     

    SIKAP

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    PENGUASAN PENGETAHUAN

     

     

    1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika (S2)
    2. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. (S9)
    3. Menginternalisasi  kandungan  Al-Qur'an  dalam  IPTEK Kedokteran (S11)
    4. Berwawasan sosial budaya meliputi  sosial-budaya-ekonomi  masyarakat yang dilayani dan menghargai   perbedaan   persepsi   yang   dipengaruhi   oleh   agama,   usia, gender,  etnis,  difabilitas,  dan  sosial-budaya-ekonomi   dalam  menjalankan (S16).

     

     

     

    1. Mampu menerapkan ilmu Biomedik, ilmu Humaniora, ilmu Kedokteran Klinik, dan ilmu Kesehatan Masyarakat / Kedokteran Pencegahan / Kedokteran Komunitas yang (PP1)
    2. Mampu menguasai konsep teoritis ilmu-ilmu dasar yang menjadi landasan penguasaan ilmu kedokteran (PP2)
    3. Mampu mencari, menelusur kembali, menganalisis, mengevaluasi, mensintesis dan mendeminasikan informasi terkait ilmu kedokteran (PP4)
    4. Menguasai konsep teoritis ilmu-ilmu dasar yang menjadi landasan penguasaan ilmu kedokteran (PP15)

     

    PENGUASAN PENGETAHU

     

    Referensi

    Ganong, W.F. 2010.Review of Medical Physiology,Ganong’s 23 edition. New York:
    The McGraw-Hill Companies.Inc

    Anderson, Paul D. 2008. Anatomi & Fisiologi Tubuh Manusia. Jakarta : EGC.
    Snell RS. Clinical Anatomy for Medical Student. 6th ed. Sugiharto L, Hartanto H, Listiawati E, Susilawati, Suyono J, Mahatmi T. Anatomi Klinik Untuk Mahasiswa Kedokteran. Edisi 6. Jakarta: EGC, 2006

    Putz R, Pabst R. Sobotta: Atlas der Anatomie des Menschen. 22nd ed. SuyonoJ,
    Sugiharto L, Novrianti A, Liena, penerjemah. Sobotta: Atlas Anatomi
    Manusia. Edisi 22. Jilid 1. Jakarta: EGC, 2007

    Sherwood, Lauralee. 2001. Fisiologi Manusia. Jakarta : Buku kedokteran EGC.
    Bloom William , Don W . Fawcett. 2002. Buku Ajar Histologi . Edisi 12. Terjemahan Jan Tambayong. Jakarta : EGC

    Junqueira LC, Carneiro J. 2007. Histologi Dasar Teks & Atlas. 10th ed. Jakarta:
    EGC.

    Guyton, Arthur C, Hall, John E. 2008. Buku Ajar Fisiologi Kedoteran Edisi 11.
    Jakarta : EGC

    Prasyaratan Penilaian 

    Mahasiswa diharuskan menghadiri berbagai aktivitas pembelajaran
    sebagai persyaratan untuk dapat diijinkan mengikuti ujian akhir. Kehadiran
    minimal aktivitas pembelajaran yang diwajibkan adalah:
    1. Kuliah : 75 %

    2. Tutoral : 75 %

    3. Skills Lab : 100 %

    4. Praktikum : 100 %

    Presensi kehadiran perkuliahan dapat diisi mahasiswa saat jadwal kuliah melalui
    layanan “presensi kuliah” di MyKlass. Presensi tutorial, skills lab dan praktikum
    akan dilakukan oleh admin dan instruktur saat pelaksanaan kegiatan.

    Evaluasi

    Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar Blok 5 TA 2020/2021 di masa pandemic Covid 19 ini mayoritas menggunakan metode online termasuk assessment. Salah satu syarat mengikuti semua proses assessment adalah dengan mengisi pakta integritas di awal blok berjalan (sebelum mahasiswa melewati proses assessment (pretes, postes, tentamen/responsi, EB, remediasi). Link pakta integritas tersedia di myKlass.

    Evaluasi kegiatan pembelajaran menggunakan metode penilaian formatif dan sumatif. Penilaian formatif diperoleh dari nilai harian berupa checklist, laporan tertulis, kuis, dll. Penilaian sumatif dilakukan dengan ujian CBT. Nilai akhir blok ditentukan dengan proporsi sebagai berikut:
    1. MCQ CBT : 60 % (EB dilakukan 1x dengan jumlah soal 100)

    2. Tutorial : 30 % (15% nilai harian, 10% nilai minikuis, 5% tugas)

    3. Praktikum : 10 % (5 % nilai harian, 5 % nilai responsi)

    Mahasiswa dinyatakan lulus blok bila memenuhi kriteria berikut:
    1. Nilai MCQ minimal 60

    2. Nilai akhir keseluruhan minimal 60

  • Skills Lab

  • Praktikum