BLOK V. INDERA & INTEGUMENTUM
Assalamualaikum, Wr, Wb.
Selamat datang Mahasiswa Baru Program Studi Kedokteran FKIK UMY Angkatan 2020! Selamat datang di Blok kelima yaitu Blok 5 tahun ajaran 2020/2021. Pada blok kelima ini akan di pelajari mengenai Indera dan Integumentum. Seluruh pembelajaran kita dilakukan dengan proses Hybrid Learning atau Blended Learning antara online dan offline. Yaitu pembelajaran dengan tatap muka serta bersamaan dengan kuliah jarak jauh yang menghubungkan dosen dengan mahasiswa melalui jaringan internet. Proses kuliah ini membutuhkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi:
1. Materi kuliah yang dapat diakses dalam bentuk: PDF, powerpoint, word, video, atau html, atau sumber pengetahuan yang lain.
2. Presensi mahasiswa melalui penugasan, bisa berupa MCQ, pertanyaan Benar/Salah, jawaban pendek, esai, dll. Mahasiswa yang tidak memenuhi penugasan kuliah ini dianggap tidak hadir. Presensi ini ikut diperhitungkan dalam persentase kehadiran kuliah minimal 75% kehadiran sebagai syarat diperbolehkannya mengikuti ujian MCQ Blok.
3. Penilaian/koreksi penugasan sebagai bukti kehadiran dosen selain aktif dalam forum diskusi.
4. Mahasiswa wajib membuat pernyataan tentang Pakta Integritas.
Berperan aktiflah dalam proses belajar mengajar, karena untuk jadi dokter yang baik dan sukses selain knowlegde juga sangat diperlukan attitude yang baik salah satunya JUJUR. Sampaikan keluhan, masukan dan kritik yang membangun pada PJ Blok maupun Wakil PJ Blok (kontak ada di pengantar Blok) untuk kebaikan pelaksanaan Blok 5 ini. Enjoy Blok 5!
PJ Blok 5
dr. Seshy Tinartayu, M.Sc
Wakil PJ Blok 5
dr. Hidayatul Kurniawati, M.Sc
Deskripsi Blok
Blok Indera dan Integumentum merupakan blok ke 5 tahun pertama dari kurikulum 2018 semester genap di Prodi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY. Mahasiswa dalam blok ini akan mempelajari struktur dan fungsi organ indera yang meliputi sistem pendengaran, penghidu, pengecapan, penglihatan dan peraba ditinjau dari aspek anatomi, histologi dan fisiologi. Selanjutnya dengan konsep dasar ini diharapkan mahasiswa mampu memahami mekanisme penyakit atau gangguan pada sistem tersebut pada blok-blok selanjutnya.
Mahasiswa diharapkan mampu melakukan hal di bawah ini pada akhir blok :
- memahami proses belajar dan praktek kedokteran yang profesional sesuai dengan nilai dan prinsip ke-Tuhan-an, moral luhur, etika, disiplin, hukum,dan social budaya.
- memahami dan menerapkan konsep dasar kurikulum pendidikan kedokteran yang berprinsip PBL.
- mengetahui dan mampu memahami tentang struktur dan fungsi tubuh manusia pada tingkat molekuler, seluler, jaringan dan organ khususnya pada sistem indera dan integumentum.
- memahami dan menerapkan prinsip-prinsip dasar ilmu kedokteran keluarga terkait prinsip manusia sebagai makhluk biopsikososial.
- memahami dan menerapkan prinsip-prinsip Islam dalam hal kodrat dasar manusia.
Capaian Pembelajaran Lulusan
HARDSKILL |
||
KETERAMPILAN UMUM
KETERAMPILAN KHUSUS
|
|
|
SOFTSKILL |
||
SIKAP
PENGUASAN PENGETAHUAN |
|
PENGUASAN PENGETAHU
|
Referensi
Ganong, W.F. 2010.Review of Medical Physiology,Ganong’s 23 edition. New York:
The McGraw-Hill Companies.Inc
Anderson, Paul D. 2008. Anatomi & Fisiologi Tubuh Manusia. Jakarta : EGC.
Snell RS. Clinical Anatomy for Medical Student. 6th ed. Sugiharto L, Hartanto H, Listiawati E, Susilawati, Suyono J, Mahatmi T. Anatomi Klinik Untuk Mahasiswa Kedokteran. Edisi 6. Jakarta: EGC, 2006
Putz R, Pabst R. Sobotta: Atlas der Anatomie des Menschen. 22nd ed. SuyonoJ,
Sugiharto L, Novrianti A, Liena, penerjemah. Sobotta: Atlas Anatomi
Manusia. Edisi 22. Jilid 1. Jakarta: EGC, 2007
Sherwood, Lauralee. 2001. Fisiologi Manusia. Jakarta : Buku kedokteran EGC.
Bloom William , Don W . Fawcett. 2002. Buku Ajar Histologi . Edisi 12. Terjemahan Jan Tambayong. Jakarta : EGC
Junqueira LC, Carneiro J. 2007. Histologi Dasar Teks & Atlas. 10th ed. Jakarta:
EGC.
Guyton, Arthur C, Hall, John E. 2008. Buku Ajar Fisiologi Kedoteran Edisi 11.
Jakarta : EGC
Prasyaratan Penilaian
Mahasiswa diharuskan menghadiri berbagai aktivitas pembelajaran
sebagai persyaratan untuk dapat diijinkan mengikuti ujian akhir. Kehadiran
minimal aktivitas pembelajaran yang diwajibkan adalah:
1. Kuliah : 75 %
2. Tutoral : 75 %
3. Skills Lab : 100 %
4. Praktikum : 100 %
Presensi kehadiran perkuliahan dapat diisi mahasiswa saat jadwal kuliah melalui
layanan “presensi kuliah” di MyKlass. Presensi tutorial, skills lab dan praktikum
akan dilakukan oleh admin dan instruktur saat pelaksanaan kegiatan.
Evaluasi
Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar Blok 5 TA 2020/2021 di masa pandemic Covid 19 ini mayoritas menggunakan metode online termasuk assessment. Salah satu syarat mengikuti semua proses assessment adalah dengan mengisi pakta integritas di awal blok berjalan (sebelum mahasiswa melewati proses assessment (pretes, postes, tentamen/responsi, EB, remediasi). Link pakta integritas tersedia di myKlass.
Evaluasi kegiatan pembelajaran menggunakan metode penilaian formatif dan sumatif. Penilaian formatif diperoleh dari nilai harian berupa checklist, laporan tertulis, kuis, dll. Penilaian sumatif dilakukan dengan ujian CBT. Nilai akhir blok ditentukan dengan proporsi sebagai berikut:
1. MCQ CBT : 60 % (EB dilakukan 1x dengan jumlah soal 100)
2. Tutorial : 30 % (15% nilai harian, 10% nilai minikuis, 5% tugas)
3. Praktikum : 10 % (5 % nilai harian, 5 % nilai responsi)
Mahasiswa dinyatakan lulus blok bila memenuhi kriteria berikut:
1. Nilai MCQ minimal 60
2. Nilai akhir keseluruhan minimal 60
- Assalamu'alaikum warrohmatullohi wabarokatuh
Selamat datang di Blok 5 tahun ajaran 2020/2021. Blok ini akan membahas anatomi, histologi dan fisiologis tentang sistem panca indra kita mulai dari penglihatan, pendengaran, penghidu, pengecap dan peraba. Ada di keseharian kita, dan patut kita syukuri untuk fungsi normal yang bisa kita rasakan saat ini. Alhamdulillah kita beruntung berkesempatan belajar lebih dalam di pendidikan dokter tentang ilmu penciptaan Alloh yang luar biasa tersebut. So, mari cari tahu lebih banyak tentang panca indera kita, dan pastikan selain paham juga menambah rasa syukur kita kepadaNya.
Berperan aktiflah dalam proses belajar mengajar, karena untuk jadi dokter yang baik dan sukses selain knowlegde juga sangat diperlukan attitude yang baik salah satunya JUJUR.
.
Sampaikan keluhan, masukan dan kritik yang membangun pada PJ Blok maupun Wakil PJ Blok (kontak ada di pengantar Blok) untuk kebaikan pelaksanaan Blok 5 ini.
Enjoy Blok 5
Wassalamu'alaikum warrohmatullohi wabarokatuh
PJ Blok 5
dr Seshy Tinartayu