DISKUSI ILMIAH

Tips Menghilangkan Bau Mulut

Tips Menghilangkan Bau Mulut

by 20110340031 Andikha Dara Asmara Putri -
Number of replies: 3
  1. Sikat gigilah secara teratur, terutama sebelum tidur dan setelah makan besar. Makanan yang kita makan biasanya menyisakan sisa makanan yang menempel di dalam mulut, sehingga hal tersebut dapat menyebabkan bakteri yang pada akhirnya menyebabkan bau mulut.
  2. Hindari makanan yang memiliki aroma bau yang menyengat, seperti petai, durian, jengkol, soto, dll.
  3. Janganlah merokok dan mengkonsumsi kopi, karena dua hal tersebut dapat berakibat bau mulut yang menempel dan menjadi tidak sedap.
  4. Ketika menyikat gigi, sikatlah juga gusi secara pelan dan lidah, karena sesudah makan pun sisa-sisa makanan kita masih tetap menempel di lidah.
  5. Berkumur menggunakan cairan khusus kumur gigi juga dapat menghilangkan bau mulut dan menyebabkan mulut terasa segar. Hal tersebut dikarenakan cairan yang terkandung di dalamnya berfungsi untuk menghilangkan bakteri-bakteri di dalam mulut

http://lintasterbaru.com/tips-menghilangkan-bau-mulut-cara-mengatasi-bau-mulut.html

In reply to 20110340031 Andikha Dara Asmara Putri

Re: Tips Menghilangkan Bau Mulut

by 20110340053 Fitriana Ika Sari -

selain yang dituliskan oleh Dara, saya akan menambahkan

beberapa tips cara mengatasi dan menghilangkan bau mulu.

Cara mengatasi dan menghilangkan bau mulut :

  1. Bersihkan juga langit-langit mulut anda, karena ternyata langit2 mulut anda merupakan salah tempat dimana bakteri penyebab bau mulut bersarang.
  2. Tambal gigi anda yang berlubang. Gigi yang berlubang adalah penyebab bau mulut yang akut, karena di gigi yang berlubang itulah sisa makanan bersarang yang tentunya akan dikerubuni oleh kuman-kuman yang menyebarkan bau mulut, seperti semut yang mengerubuti gula.
  3. Proses pencernaan yang kurang sempurna akan mengakibatkan bau mulut. Makanlah yang secukupnya, jangan terlalu kenyang. Lancarkan buang air besar anda agar perut tidak penuh dan pencernaan menjadi lancar.
  4. Anda bisa menghilangkan bau mulut dengan cara Gurah saluran pernafasan anda. Saluran pernafasan yang kotor ternyata bisa mengakibatkan bau mulut yang tidak sedap.
  5. Perbanyak minum air putih. Air putih dipercaya mampu melarutkan zat-zat negatif dalam tubuh, termasuk menghilangkan zat yang mengakibatkan bau mulut.
  6. Kurangi konsumsi makanan berlemak dan daging. Makanan berlemak akan membuat lambung anda cenderung aktif mengeluarkan zat asam yang akan menimbulkan bau gas yang jika keluar lewat mulut mengakibatkan bau naga yang dasyat.
  7. Mengunyah permen karet bebas gula bisa membantu merangsang produksi saliva (air liur), terutama bagi mereka yang memiliki saliva yang kental.
  8. Kunjungi dokter gigi. Mungkin ada gigi yang berlubang, ada karang gigi, atau masalah kesehatan mulut dan gigi Anda.

 

Sumber :

http://dudijaya.blogspot.com/2011/08/cara-mengatasi-bau-mulut.html

http://www.beritamandiri.com/2011/07/mengatasi-bau-mulut-dengan-super-cepat.html

 

In reply to 20110340053 Fitriana Ika Sari

Re: Tips Menghilangkan Bau Mulut

by 20110340035 Destona Heryani Sari Putri -

kara , aku mau tambahin penyebab terjadinya bau mulut ,

ak dapet dari ini >> http://majalahkesehatan.com/penyebab-dan-penanganan-bau-mulut/

moga guna ya :)

Bau mulut juga dapat disebabkan oleh beberapa penyakit seperti:

  • Sinusitis (infeksi sinus)
  • Infeksi amandel atau tonsilitis
  • Penyakit paru-paru
  • Penyakit ginjal
  • Penyakit hati
  • Kelainan darah
  • Diabetes
  • Disfungsi kandung empedu
  • Kanker
In reply to 20110340035 Destona Heryani Sari Putri

Re: Tips Menghilangkan Bau Mulut

by 20110340015 Elda Detria Widyastuti -

assalamualaikum..

mau nambahin info dalam rangka share dan tugas praktik IT juga..

Mengatasi Bau Mulut

Untuk mengatasinya, berkumurlah dengan secangkir kecil perasan lemon. Setelah itu, makanlah yogurt tawar yang mengandung bakteri lactobacillus. Selain menghilangkan bau mulut, bakteri jenis ini juga memiliki manfaat tambahan, yaitu dapat memelihara kesehatan saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Kombinasi lemon dan yogurt sangat efektif untuk menetralisasi bau mulut dalam waktu yang relatif cepat. Bahkan, manfaatnya dapat bertahan hingga 12-24 jam setelah pemakaian.

sumber : http://www.beritamandiri.com/2011/07/mengatasi-bau-mulut-dengan-super-cepat.html

satu lagi..

salah satu cara mengatasi bau mulut kan dengan menggunakan mouthwash. tetapi ada yang perlu diperhatikan juga dalam penggunaan mouthwash, yaitu :

Profesor Robin menyarankan untuk menggunakan mouthwash tanpa alkohol, dengan label ‘alcohol-free’. Selain tidak membuat mulut kering, juga meminimalisir terbentuknya noda cokelat pada gigi. Sebaiknya jangan langsung berkumur dengan mouthwash setelah menyikat gigi, tapi tunggu 30 menit dulu. Beberapa bahan dalam pasta gigi seperti foaming agent dan sodium lauryl sulphate bisa bereaksi dengan fluoride di dalam mouthwash, menonaktifkan sehingga kehilangan efeknya.

sumber : http://hanyaberita.com/bahaya-mouthwash-bagi-kesehatan-mulut-gigi/2684/

untuk info lain sebagai pelengkap juga ada :

- http://assyams.com/29-ternyata-mouthwash-bahaya-bagi-kesehatan-mulut-gigi.html

- http://www.dutabintaro.com/forum/viewtopic.php?id=6821