DISKUSI ILMIAH

Tujuan dari pembelajaran komunikasi perawat

Tujuan dari pembelajaran komunikasi perawat

by 20120320039 Nur Hikmatul Maula -
Number of replies: 14

Tujuan dari pembelajaran cara berkomunikasi perawat ini bertujuan untuk apa ? 

In reply to 20120320039 Nur Hikmatul Maula

Re: Tujuan dari pembelajaran komunikasi perawat

by 20120320081 Chris Shandi Nugraheni -

tujuannya untuk melatih perawat dalam berkomunikasi baik dengan keluarga klien atau juga dengan dokter. sehingga kita sebagai perawat dapat menyampaikan maksut dan tujuan dari tindakan yang akan dilakukan. 

In reply to 20120320081 Chris Shandi Nugraheni

Re: Tujuan dari pembelajaran komunikasi perawat

by 20120320181 Ilham Romadon -

menurutku, tujuannya sih untuk menciptakan rasa percaya keluarga dan klien

 
 
 
In reply to 20120320039 Nur Hikmatul Maula

Re: Tujuan dari pembelajaran komunikasi perawat

by 20120320008 Eka Wahyuningsih -

Komunikasi itu sangat penting dalam setiap pekerja bukan hanya untuk seorang perawat . Nah kalo dalam komunikasi perawat sendiri sangat vital dan sangat penting kenapa ? Karena kita sebagai perawat dalam memberikan caring dan intervensi sebagai perawat yang di rumah sakit maupun yang di komunitas dan di keluarga komunikasi sangat di butuhkan. Dalam memberikan penkes , dukungan spiritual, dukungan psikis itu melalui komunikasi yang efektif. Sehingga jika komunikasi anatara perawat dan klien tidak terjalin baik akan menimbulkan hubungan tidak saling percaya dan menghambat proses perawat dalam memberika asuhan kepada klien sehingga terjadi penurunan status kesehatan pada diri klien 

In reply to 20120320008 Eka Wahyuningsih

Re: Tujuan dari pembelajaran komunikasi perawat

by 20120320089 Risni Septia Utami -

untuk menciptakan hubungan saling percaya dengan pasien. terutama dengan keluarga pasien. karena komunikasi sangat penting bagi semua orang. tanpa komunikasi semua poses menjadi terhambat dan sangattertinggal

In reply to 20120320008 Eka Wahyuningsih

Re: Tujuan dari pembelajaran komunikasi perawat

by 20120320083 Nurfazrin H. Akuba -

Komunikasi bertujuan mengembangkan pribadi klien lebih ke arah yang postif atau adaptif. Dengan komunikasi kita belajar bagaimana menerima dan diterima, dan juga melalui komunikasi diharapkan terjadi perubahan dalam diri klien, misal klien dengan penyakit kronis pasti dia mengalami perubahan dalam dirinya, baik itu dari citra tubuh, ataupun harga diri klien rendah, nah dari komunikasi itulah kita bisa meningkatkan harga diri klien, biar dia tidak merasa rendah dan termotivasi jga.

In reply to 20120320039 Nur Hikmatul Maula

Re: Tujuan dari pembelajaran komunikasi perawat

by 20120320028 Alma Ananda Alieva Noor Wahyudina -

izin menambahkan ya kaka :3

selain itu juga komunikasi berpengaruh pada efektifitas layanan kesehatan, karena ketika sudah terjalin hubungan saling percaya, pasie juga akan lebih patuh pada petugas kesehatan. keapa? karena ketika kita bisa menciptakan hubungan saing percaya, maka lebih mudah untuk kita memotivasi pasien, CMIIW :3

In reply to 20120320028 Alma Ananda Alieva Noor Wahyudina

Re: Tujuan dari pembelajaran komunikasi perawat

by 20120320133 Sholehah Awali Noorhidayah -

Komunikasi itu sangat penting untuk kehidupan sehari2 dimana seseorang bisa mengetahui dan paham apa yang kita inginkan dan kita mau jadi tujuan kita belajar cara berkomunikasi untuk bisa mengetahui apa yang diinginkan pasien dan apa yang harus pasien pahami dan mengerti dari suatu komunikasi yang dijalin sebelumnya dengan saling kepercayaan satu sama lainnya .

In reply to 20120320133 Sholehah Awali Noorhidayah

Re: Tujuan dari pembelajaran komunikasi perawat

by 20120320142 Nurdina Wahyu Hidayati -

ok guys sorry for late reply.

aku juga mau nambahin yee.

dalam memberikan asuhan keperawatan tentunya perawat melakukan komunikasi teraperutik dengan tujuan terciptanya bina hubungan saling percaya. mulai dengan pengkajian sampai akhirnya pasien bisa detail memberikan informasi kepada perawat, itu semua karena terjalinnya komunikasi 2 arah diantara keduanya. pada akhirnya intervensi yang akan diberikan perawat menjadi maksimal dan bahkan mengurangi terjadinya nursing error. perawat bisa melaksanakan perannya secara maksimal.

In reply to 20120320039 Nur Hikmatul Maula

Re: Tujuan dari pembelajaran komunikasi perawat

by 20120320119 Zafria Atsna -

Temen-temen di jurnal itu kan di sebutkan komunikasi paling efektif itu dengan cara interdisipliner nah komunikasi interdisipliner itu gmn sih temen-temen?

In reply to 20120320039 Nur Hikmatul Maula

Re: Tujuan dari pembelajaran komunikasi perawat

by 20120320119 Zafria Atsna -

Temen-temen di jurnal itu kan di sebutkan komunikasi paling efektif itu dengan cara interdisipliner nah komunikasi interdisipliner itu gmn sih temen-temen?

In reply to 20120320119 Zafria Atsna

Re: Tujuan dari pembelajaran komunikasi perawat

by 20120320074 Miranda Ayu Fitri Amelia -

Klo menurut saya komunikasi yg atsna tanya kan itu,komunikasi yang dilakukannya itu dgn cara bertemu atau berkumpul bersama disatu lokasi dengan fokus membahas masalah dan pasien itu. Untuk sama2 mencari solusi. 

In reply to 20120320074 Miranda Ayu Fitri Amelia

Re: Tujuan dari pembelajaran komunikasi perawat

by 20120320181 Ilham Romadon -

teman teman tanya dong, ada gag tahapan untuk berkomunikasi yang efektif?

 
 
 
In reply to 20120320119 Zafria Atsna

Re: Tujuan dari pembelajaran komunikasi perawat

by 20120320007 Ferry Ardani Tristiadi -

menambahkan kalau komunikasi Interdisipliner semua anggota profesi yang menangani pasien bertemu dilokasi yang sama untuk membahas pasien dan masalahnya

In reply to 20120320039 Nur Hikmatul Maula

Re: Tujuan dari pembelajaran komunikasi perawat

by 20120320038 zainab Indriyan Tanjung -

Tujuan dari pembelajaran komunikasi adalah supaya kita atau mahasiswa keperawatan mengetahui serta mengaplikasikan cara berkomunikasi yg efektif serta terapiutik pada pasien baik pasien sadar maupun tidak sadar..karena komunikasi merupakan kunci dari semua tindakan yg perawat lakukan. Contohnya seperti komunikasi intapersonal yaitu bertujuan untuk meningkatkan  dan memfasilitasi keefektifan tindakan yg akan di berikan pada klien.. perawat perlu menciptakan suatu kepercayaan dalam memberikan aduhan keperawatan.